Makassar (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan melakukan pertemuan dengan sejumlah menteri Singapura yakni menteri luar negeri, menteri kesehatan dan menteri perdagangan serta para pelaku usaha untuk mempererat dan mengembangkan peluang kerja sama antar kedua wilayah.

Kepala Bidang Promosi dan Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPMD) Sulsel Sukarniaty Kondolele di Makassar, Selasa, menjelaskan, kunjungan kerja gubernur ke Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia pada 1-5 Juni 2011 akan diawali dengan pertemuan bersama pelaku usaha di Singapura yang difasilitasi Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Singapura.

Pertemuan tersebut akan dimanfaatkan untuk mempresentasikan peluang investasi di Sulsel.

Kemudian, gubernur dijadwalkan melakukan pertemuan dengan jajaran Kementerian Kesehatan Singapura terkait pembicaraan kerja sama di bidang kesehatan diantaranya mengenai peluang penempatan tenaga kesehatan Sulsel.

Sementara dengan Menteri Luar Negeri Singapura, gubernur didampingi Kapolda Sulsel dan Sulbar Irjen Polisi Johny Waenal Usman dan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Amril Amir secara khusus akan memaparkan dan meyakinkan kondusifnya kondisi keamanan di Sulsel yang sangat mendukung dunia usaha dan pariwisata.

Kunjungan kemudian dilanjutkan dengan melakukan pertemuan bersama Menteri Perdagangan Singapura dan forum pengusaha yang berminat untuk berinvestasi di Indonesia serta sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan air bernama Moya Dayen.

Sementara di Kuala Lumpur, gubernur dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Mohammad Najib Bin Tun Haji Abdul Razak untuk menindaklanjuti kerja sama bidang investasi, perdagangan dan pertanian yang selama ini telah dibicarakan dan disepakati.

Rangkaian kunjungan kerja Gubernur Sulsel ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran rute penerbangan langsung Garuda dari Makassar-Singapura pada pukul 15.00 WITA di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Acara itu dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Mustafa Abu Bakar, Dirjen Perhubungan Udara Heri Bakti dan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Persero Tbk, Emirsyah Sattar.

Manajemen Bandara Internasional Changi Singapura dan Area Manager Garuda Indonesia Asia Risnandi dijadwalkan akan menyampaikan apresiasi dan penghargaan secara langsung ke Pemprov Sulsel atas dibukanya rute penerbangan langsung tersebut.  (RY/Y006/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011