Padang (ANTARA News) - Sebanyak 10 karateka Sumatera Barat  (Sumbar) dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan nasional (Kejurnas) junior piala menteri dalam negeri (Mendagri) di Banjar Baru, Kalimantan Selatan, 23-26 Juni 2011.

"Menghadapi kejurnas piala Mendagri, ada 10 karateka yang akan disiapkan dan dibawa untuk mengikuti kejurnas tersebut," kata Pelatih Kepala Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Sumbar, Hendy Luthan, di Padang, Rabu.

Ia menjelaskan, saat ini manajemen Forki Sumbar belum bisa menentukan ke sepuluh nama-nama atlet yang akan dibawa, terkait sepuluh atlet yang dimaksud masih menjalani tahap seleksi lagi.

"Forki Sumbar masih menyeleksi karateka yang akan diikutkan dalam mengikuti kejurnas yang menjadi agenda tahunan PB Forki tersebut," katanya.

Lebih lanjut Hendy mengatakan, saat ini ada 60 karateka yang sedang menjalani pemusatan dan latihan (Pelatda) guna persiapan menghadapi kejurnas Pra PON Desember mendatang.

Ia menambahkan, dari 60 atlet tersebut akan disaring 10 karateka yang siap dan mampu untuk mengikuti kejurnas piala Mendagri.

Dikatakannya, dalam tahap peyeleksian tersebut Forki Sumbar melakukan secara selektif dan seadilnya guna menjaga motivasi atlet lain yang juga menjalani Pelatda yang sama.

"Karateka yang dipilih mengikuti kejurnas adalah karateka yang mampu dan diprediksi memperoleh medali dalam event tersebut," katanya.

Namun atlet yang tidak lolos untuk piala Mendagri tidak tertutup kemungkinan bisa membela Sumbar pada kejurnas Pra-PON di Batam, Kepulauan Riau.

Hendy menambahkan, dalam mengikuti Kejurnas itu, Forki Sumbar akan turun pada kelas usia dini, pemula, kadet dan junior.

Ia juga mengharapkan, seluruh atletnya bisa menorehkan prestasi yang baik dan melebihi raihan prestasi pada 2010 lalu pada event serupa.

Pada Kejurnas Mendagri 2010, tim Sumbar hanya mampu memperoleh dua perunggu di nomor junior.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011