Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Timnas sepak bola Indonesia, Benny Dollo meminta para pemainnya tidak lengah meskipun Australia akan menurunkan pemain muda minim pengalaman.

"Ketika lawan Oman, kami sempat berfikir, mereka akan kelelahan karena hanya selang dua hari setelah menjuarai turnamen Piala Teluk 2009, langsung bermain di kualifikasi PPA 2011. Ternyata, mereka tidak tampil capek atau lelah.

Jadi, meski Australia datang dengan pemain muda, tak ada alasan, mereka akan main seadanya," kata Benny kepada wartawan Senin malam di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Benny meminta para pemain mampu mengimbangi permainan Australia yang ditangani Pim Verbeek yang tidak akan berada di kursi penonton menyusul skorsing tiga pertandingan di laga Konfederasi sepak bola Asia (AFC).

PSSI mematangkan latihan serangan cepat dengan alur bola pendek dan merapat dan kordinasi antar pemain.

"Mereka harus saling mengingatkan agar kerjasama antar lini tak putus. Jika tak komunikasi, bakal ada celah yang bisa dimanfaatkan lawan. Ini yang harus dihindari," katanya.

Para pemain Australia yang datang bertahap sejak Minggu, sempat menjalani latihan ringan di Stadion Soematri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta, Senin sore.

Dari 21 pemain yang dibawa Australia, 15 diantaranya sama sekali belum pernah memperkuat timnas.  Pemain Australia tampak rileks menyongsong duel lawan Indonesia Rabu dengan hanya didampingi Graham Arnold, Asisten Pelatih Australia.

Joko Driyono dari Panpel lokal menyatakan, bersama "match commsioner" dari AFC, mereka akan membahas status Verbeek, saat rapat teknis digelara Selasa esok.

"Secara definitf, Verbeek memang belum dipastikan duduk di 'bench' atau tidak," katanya. (*)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009