Jakarta (ANTARA News) - Pembalap MotoGP Italia Marco Simoncelli, Kamis, meminta maaf atas kecelakaan Grand Prix Prancis yang menyebabkan pembalap Spanyol Dani Pedrosa patah tulang selangka dan tidak bisa tampial dalam balap Catalunya akhir pekan ini.

Federasi olahraga sepeda motor internasional, FIM, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pembalap Honda Gresini telah bertemu dengan pejabat Circuit de Catalunya Barcelona untuk membahas insiden Le Mans 15 Mei lalu dan kemungkinan penalti.

Simoncelli setelah balapan mengatakan bahwa pengendara lain akan lolos dari penalti.

"The Race Direction menginformasikan kepada Simoncelli bahwa mereka ingin memastikan ia (Simoncelli) menyadari kesalahannya dan tidak akan mengulanginya di masa mendatang," kata FIM dikutip Reuters.

"Simoncelli menjawab bahwa dalam interval setelah Grand Prix Prancis ia punyak waktu untuk refleksi dan menyesali pernyataan yang dikeluarkannya dalam situasi panas beberapa saat setelah perlombaan.

"Ia juga mengakui bahwa ia telah membuat keputusan salah dan menyatakan bahwa di masa mendatang ia akan mencoba mengevaluasi situasi lebih baik dan sedikit lebih berhati-hati."  

Simoncelli telah dikritik oleh saingan-saingannya di Le Mans untuk gaya berkendaranya yang agresif.

Pembalap Italai itu berada di urutan delapan setelah empat balapan.

Pedrosa mengatakan pada Rabu bahwa ia harus absen dari balapan di negara kelahirannya karena harus istirahat dan menunggu cederanya sembuh benar, demikian dikutip dari Reuters.

(S026/B010)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011