Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia untuk sementara tertinggal dengan skor 0-1 dari Thailand pada babak pertama laga leg satu final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu malam.

Gol dicetak oleh kapten sekaligus gelandang serang Thailand Chanathip Songkrasin. Itu merupakan gol ketiga Chanathip di turnamen tersebut.

Pada laga itu, Indonesia berada dalam tekanan Thailand nyaris sepanjang laga. Skuad "Gajah Perang" seakan tak membiarkan timnas Indonesia nyaman dengan bola.

Aliran serangan Thailand berujung pada gol cepat, tepatnya pada menit kedua melalui sepakan kaki kiri Chanathip Songkrasin. Chanathip memanfaatkan umpan Philip Roller yang meliuk-liuk melewati bek Indonesia dari sisi kanan.

Baca juga: Shin Tae-yong turunkan lima bek kontra Thailand, cadangkan Elkan-Egy

Setelah itu, intensitas gelombang tekanan Thailand tak juga menurun dan membuat bek-bek Indonesia berjibaku di wilayahnya.

Asnawi Mangkualam sempat melakukan penyelamatan tepat di garis gawang pada menit ke-14 dari tendangan Bordin Phala.

Bek Indonesia Alfeandra Dewangga sempat mendapatkan peluang bersih pada menit ke-41. Namun, meski berada tanpa pengawalan di depan gawang Thailand, bola sepakan Alfeandra melambung.

Pada menit ke-45+2, Nadeo Argawinata tampil heroik dengan menepis tendangan melengkung Bordin Phala dan membuat skor 0-1 bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Moh. Edo Febriansyah, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam Bahar (kapten), Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Irfan Jaya, Dedik Setiawan.

Thailand: Siwarak Tedsungnoen-pg, Yusef Dolah (39', Pokklaw Anan), Philip Roler, Tristan Do, Kritsada Kaman, Weerathep Pomphun, Bordin Phala, Phitiwat Sookjitthammakul, Supachok Sarachat, Chanathip Songkrasin (kapten), Teerasil Dangda.

Baca juga: Shin tekankan pentingnya mental kuat hadapi laga final kontra Thailand
Baca juga: Pelatih Thailand waspadai taktik Shin Tae-yong yang kerap berubah

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021