Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah atlet dan mantan atlet bulu tangkis serta beberapa pesohor ambil bagian dalam acara "Celebrity Smash" yang bertujuan mempromosikan turnamen Indonesia Terbuka Super Series Premier yang tidak lama lagi akan digelar.

Acara yang bertujuan menumbuhkan demam bulu tangkis itu digelar di Central Park, Jakarta Utara, Sabtu, dalam bentuk permainan bulu tangkis antaratlet, mantan atlet, selebritas dan pengunjung yang terpilih.

"Suksesnya `celebrity smash` tahun lalu, sambutan dan animo masyarakat yang begitu besar menjadi motivasi kami untuk semakin mendekatkan bulu tangkis kepada masyarakat, karena bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang bisa menggaungkan nama Indonesia di dunia internasional," ujar perwakilan PT Djarum, sponsor utama turnamen, Roland Halim.

"Senang sekali bisa menjadi bagian dari acara ini, apalagi saya yang baru berada di Indonesia, dan menjadi sebuah kehormatan tersendiri menjadi bagian dari acara ini," ujar model asal Jerman, Jennifer Kurniawan, kakak pesepak bola Kim Kurniawan.

Jennifer berkesempatan bermain bulu tangkis berpasangan dengan juara Olimpiade Atlanta Ricky Subagja dan Olimpiade Beijing Hendra Setiawan.

Sementara Hendra, pasangan Markis Kido, mengaku biasa-biasa saja berduet dengan kekasih Irfan Bachdim tersebut. "Nggak gimana-gimana, biasa saja," kata Hendra yang menyatakan sudah pulih dari cedera lutut dan akan tampil di Indonesia Terbuka dengan target juara.

Indonesia Terbuka yang akan berlangsung 21-26 Juni di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, untuk pertama kalinya menjadi turnamen level Super Series Premier dengan menyediakan total hadiah 600.000 dolar AS.

Seluruh pemain yang menempati 10 peringkat teratas BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia) wajib mengikuti turnamen tersebut, dan persaingan semakin ketat karena Indonesia Terbuka adalah turnamen Super Series kedua untuk kualifikasi Olimpiade 2012 setelah Singapura Super Series.

Sehari sesudahnya, pecinta bulu tangkis Indonesia pun akan mengikuti kegiatan flashmob --berkumpul dan melakukan gerakan yang sama serentak-- di tempat yang sama.

Flashmob melakukan gerakan bulu tangkis itu akan menjadi yang terbesar di dunia karena rencananya dilakukan di 50 kota dari 37 negara dengan harapan dapat mencetak rekor dunia.

Misi yang diusung dengan diadakannya flashmob di seluruh dunia tersebut adalah menunjukkan kepedulian terhadap sesama, yang pada akhirnya akan membantu Solibad (Solidarity Badminton, organisasi kemanusiaan yang didirikan seorang jurnalis asal Prancis Raphael Sachetat) untuk menjalankan proyek-proyek kemanusiaan.(*)
(TZ.F005/F002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011