Jakarta (ANTARA News) - Indonesia sedang menjajaki perluasan pasar UKM di 45 negara di benua Afrika melalui 11 negara Afrika yang telah memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia.

"Kita sudah melakukan forum bisnis dengan 11 duta besar negara Afrika yang sudah ada duta besarnya di Indonesia," kata Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Neddy Rafinaldi Halim, di Jakarta, Minggu.

Hasil forum bisnis yang digelar pada 1 Juni 2011 bersamaan dengan Pameran Smesco UKM Festival 2011 di SME Tower Jakarta itu diperoleh kesimpulan bahwa selama ini peluang pasar Indonesia untuk masuk Afrika terbuka lebar.

Selain itu, 11 negara sahabat dari Afrika tersebut telah menyatakan ingin menjalin komitmen lebih erat untuk bekerja sama di bidang ekonomi khususnya UKM dengan Indonesia.

"Pada pertemuan itu, beberapa hasil yang bisa dipetik adalah kita tahu ternyata banyak potensi pasar untuk produk UKM yang sangat bisa diserap Afrika," kata Neddy .

Ia mencontohkan, selama ini Somalia mengimpor 20 juta sarung pertahun dari Indonesia.

"Tampaknya pemerintah Afrika akan memberi kemudahan terhadap pelaku bisnis kita khususnya UKM Indonesia untuk bisa memberikan akses pasar ke sana," katanya.

Untuk menindaklanjuti hal itu, pihaknya akan membahas persoalan teknis dengan duta besar dari 11 negara Afrika di Indonesia.

Neddy menjelaskan, di Benua Afrika ada 45 negara pasar potensial di mana 11 negara di antaranya telah memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia.

"Ada berbagai macam kesamaan kita dengan mereka, ini modal bagi UKM kita untuk bisa menembus pasar di Afrika," katanya.(*)

H016/A011

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011