Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan China pada Kamis (30/12) melaporkan pertumbuhan stabil jumlah perusahaan yang didanai asing dalam 11 bulan pertama tahun 2021 ini, sekaligus menyatakan kondisi lingkungan bisnis yang semakin baik di negara itu.

Jumlah perusahaan baru yang didanai asing di China pada periode Januari-November mencapai 43.370 perusahaan, naik 29,3 persen secara tahunan, kata Gao Feng, Juru Bicara Kementerian Perdagangan China, dalam konferensi pers.

Selama periode itu, China melaporkan peningkatan lebih dari 30 persen dalam jumlah perusahaan yang didanai investor dari Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Sementara itu, jumlah perusahaan yang didanai Eropa naik 28,9 persen dari setahun yang lalu, menurut Gao.

Dari Januari hingga November, jumlah perusahaan baru yang didanai asing di sektor manufaktur dan jasa masing-masing naik 24,1 persen dan 30,1 persen, papar Gao. 

Selain itu, perusahaan jenis teknologi tinggi bertambah 25,4 persen dari setahun yang lalu, meliputi 28 persen dari total jumlah perusahaan baru yang didanai asing.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2021