Jakarta (ANTARA) - Pihak berwenang mulai mendistribusikan bantuan kemanusiaan dari China kepada 500 keluarga miskin di provinsi Jawzjan, Afghanistan utara pada Sabtu (1/1), kata Abdul Qayum Nazari, kepala urusan pengungsi dan pemulangan di provinsi itu.

"Pada hari pertama pendistribusian yang dimulai hari ini (Sabtu), 100 keluarga menerima bantuan termasuk selimut dan mantel," ujar Nazari kepada Xinhua.

Selain itu, sebanyak 400 keluarga lainnya akan menerima bantuan dalam empat hari ke depan, katanya.
 
Seorang pria menerima bantuan kemanusiaan dari China di Shiberghan, ibu kota provinsi Jawzjan, Afghanistan, pada Sabtu (1/1/2022). (Xinhua/Str)


Nazari juga mengatakan bahwa sekitar 20.000 keluarga pengungsi dan keluarga miskin yang tinggal di provinsi Jawzjan sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan, sehingga ia meminta masyarakat internasional untuk turut membantu warga Afghanistan yang membutuhkan pada masa kritis ini.

"Saya berterima kasih kepada pemerintah China karena mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan," kata Nazar Mohammad, seorang penerima bantuan di Kota Shiberghan.

China baru-baru ini mengirim sejumlah bantuan kemanusiaan ke Afghanistan, termasuk bahan makanan, vaksin COVID-19, dan pakaian musim dingin.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2022