Bogor (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengunjungi warga dan lanjut usia tidak mampu pada inspeksi mendadak di Desa Caringin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Sabtu.

Pada kunjungan tersebut, Menteri Sosial memberikan bantuan kepada Entin (85) yang tinggal bersama keempat cucunya di rumah tidak layak huni.

Mensos juga menyerahkan bantuan tali kasih kepada keluarga pra sejahtera yaitu Idayanti yang tinggal di rumah yang nyaris roboh.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) yang puncaknya diperingati pada Kamis (9/6) lalu.

"Kunjungan kita ini masih dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional salah satu program kita adalah untuk mengunjungi saudara-saudara dan orang tua kita yang tidak mampu," kata Mensos.

Mensos mengatakan, pemerintah memang belum mampu memberikan jaminan sosial untuk seluruh lansia terlantar yang berjumlah 1,7 juta orang. Untuk 2011 pemerintah baru memberi bantuan untuk 13.250 lansia terlantar.

"Mudah-mudahan ini merupakan bagian atau sedikit dari tanggung jawab pemerintah yang insya Allah ke depan masyarakat juga termotivasi untuk sama-sama memberikan perhatian kepada lansia yang termasuk dalam kondisi sangat miskin," tambah Mensos.

Menurutnya, bantuan tali kasih tersebut di luar dari pada bantuan yang sudah dianggarkan untuk 13.250 lansia.

Selain mengunjungi lansia tidak mampu, Kementerian Sosial juga berencana akan membangun rumah di beberapa titik di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Menteri Sosial berharap pada DIPA 2012 anggaran untuk program bantuan sosial semakin meningkat sehingga jumlah warga yang perlu diberi jaminan sosial juga bertambah.

(D016/N005)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011