Tampa, Florida (ANTARA News/AFP) - Panama, Sabtu mengakhiri sepak terjang tim Amerika Serikat yang belum terkalahkan dalam 26 pertandingan pada grup yang bermain pada Piala Emas (Gold Cup) CONCACAF dengan mengalahkan AS 2-1 untuk merebut satu tempat di babak perempat final dalam kejuaraan sepak bola regional tersebut.

Luis Tejada mencetak gol di menit ke-19 dan Gabriel Gomez melesakkan tendangan penaltinya di menit ke-36 bagi Panama, yang meraih kemenangan pertama mereka dalam sembilan kali pertemuan dengan tim AS yang belum pernah kalah sekalipun dalam pertandingan di tahap grup Piala Emas.

Clarence Goodson menyarangkan satu gol balasan bagi tim AS di menit ke-67. Namun pada akhir pertandingan malam itu, Panama memimpin Grup C dengan enam poin disusul oleh Amerika Serikat dan Kanada yang keduanya sama-sama mengantungi tiga poin.

Amerika Serikat masih dapat mencapai babak sistem gugur, karena dua tim teratas dari tiga grup dalam Piala Emas itu bisa lolos ke babak perempat final.

Dalam pertandingan lain di Grup C itu, penalti Dwayne De Rosario di menit ke-51 memberi Kanada kemenangan 1-0 atas Guadeloupe yang bermain hanya dengan 10-pemain.

De Rosario berhasil mengecoh kiper Franck Grandel setelah Stephane Zubar menjatuhkan Ali Gerba di kotak penalti.

Pemain Guadeloupe berkurang sejak pertandingan baru berlangsung empat menit, saat Jean-Luc Lambourde menerima kartu merah karena menjegal pemain Kanada Will Johnson.

Aksi di Grup C akan berakhir di Kansas City, Selasa mendatang, saat tim AS bakal menghadapi Guadeloupe dan Kanada bermain melawan Panama.(*)

(Uu.A016/A011) 

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011