Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diharapkan menyiapkan penggantinya.

"Sebagai negarawan yang sedang menjabat terakhir kalinya, SBY perlu mengakhiri kepresidenannya secara paripurna dengan menyiapkan calon presiden 2014 yang akan datang," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy atau Romy kepada antaranews.com, Jakarta, Minggu.

Menurut Sekretaris Fraksi PPP, caranya dengan mengkader secara seksama, calon-calon pemimpin potensial bangsa agar melangkah, mengembangkan diri, serta diberi ruang gerak dan karya yang maksimal.

"Atas hal tersebut, SBY selanjutnya bisa memonitor melalui survey siapa-siapa dari nama yang ada, yang mendapat simpati rakyat. Selanjutnya SBY mendorong yang bersangkutan untuk terus tampil di publik, sehingga masyarakat kelak di 2014 tidak seperti dihadapkan pada keharusan memilih pemimpin yang tidak mereka kenal," kata Romi.

Bagi PPP, kriteria yang terpenting dari pemimpin yang akan datang adalah tegas, memiliki keberpihakan yang tegas terhadap buruh, petani, nelayan dan pedagang informal, fokus, dan bersih dari aroma KKN.

Sebelumnya, Presiden SBY menegaskan bahwa dirinya, istri dan anak-anaknya tidak akan maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2014 mendatang.(*)
(Zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011