Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (5/1), mulai dukungan dari berbagai pihak untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) sampai deklarasi relawan mendukung pencalonan Sandiaga Uno sebagai presiden pada Pemilihan Umum 2024.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. Wakil Ketua DPR: RUU TPSK secepatnya dibahas di Bamus

Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) diprioritaskan secepatnya dibahas di Badan Musyawarah (Bamus) DPR, kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

"Kami akan prioritaskan untuk segera dibawa ke Bamus agar bisa dikirim ke pemerintah. Selanjutnya Presiden mengirimkan surat presiden (surpres), kemudian membahasnya bersama DPR," kata Dasco di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Wakil Ketua Baleg perkirakan RUU TPKS selesai dalam satu masa sidang

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya memperkirakan pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) bersama pemerintah selesai dalam satu masa sidang.

Hal itu, kata dia, setelah melihat kondisi terkini dan koordinasi yang sudah dilakukan antara DPR dan pemerintah saat RUU TPKS disusun di tingkat panitia kerja (panja).

Selengkapnya baca di sini.

3. KSP sebut arahan Presiden tentang RUU TPKS wujud komitmen pemerintah

Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani mengatakan arahan Presiden Joko Widodo agar Rancangan Undang-Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) segera disahkan merupakan wujud komitmen pemerintah mendukung dan mendorong pengesahan RUU tersebut.

“Perhatian khusus Presiden terhadap RUU TPKS bukan tanpa alasan, melainkan dengan melihat perkembangan kasus kekerasan seksual di Indonesia yang saat ini sangat mendesak untuk ditangani. RUU TPKS harus dapat menjadi payung hukum yang memadai dalam memberikan perlindungan bagi korban kekerasan seksual,” ujar Jaleswari dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Forum ijtima ulama deklarasikan Sandiaga Uno jadi capres di Sumut

Forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia (PII) Provinsi Sumatera Utara mendeklarasikan dukungan terhadap Sandiaga Uno sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

"Kami melihat Sandiaga Uno juga dekat dengan para ulama, tokoh-tokoh agama, dan tokoh suku adat. Harapannya nanti bisa menjadi perekat bangsa yang sangat dibutuhkan," kata salah seorang deklarator bernama Said Alwi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Sedulur Sandiaga Uno paparkan alasan Sandiaga layak maju Pilpres 2024

Ketua Umum Sedulur Sandiaga Uno, Mahendra, memaparkan sejumlah alasan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno layak maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Sandiaga Uno diharapkan dapat melanjutkan kepemimpinan Joko Widodo karena sangat memahami rakyat Indonesia," kata Mahendra melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022