Jakarta (ANTARA) - Wi-Fi Alliance mengumumkan standar terbaru untuk layanannya yaitu Wi-Fi 6 Release 2 dengan membawa peningkatan pada uplink serta manajemen daya di semua pita frekuensi yang didukung yaitu 2,4 GHz, 5GHz, dan 6GHz.

“Wi-Fi CERTIFIED 6 Release 2 memajukan evolusi Wi-Fi untuk menjawab kebutuhan pasar saat ini, dan mendukung skenario Wi-Fi berkinerja tinggi dengan kapasitas, efisiensi, dan keandalan yang lebih besar," kata CEO dari Wi-Fi Alliance Edgar Figueroa dalam keterangannya, Kamis.

Peningkatan itu ditujukan untuk router untuk perangkat penggunaan pribadi di rumah, tempat kerja, hingga perangkat smart home.

Pada Wi-Fi Release 2 dukungan terbaru juga ditambahkan untuk penggunaan multi pengguna, sehingga beberapa perangkat yang terhubung mampu mengunggah ke titik akses secara bersamaan.

Ada juga perbaikan dari segi manajemen daya serta kinerja upload.

Dari segi manajemen daya, dengan Wi-Fi 6 release 2 maka pengguna dapat menghemat daya berkat adanya mode daya rendah.

Selain itu juga ada mode low sleep untuk perangkat elektronik yang perlu terhubung dengan Wi-Fi dan menggunakan baterai sehingga akan lebih menguntungkan untuk pengoperasian sistem seperti smart home.

Standar Release 2 itu akan bisa dirasakan pada perangkat elektronik termasuk ponsel yang sudah memiliki fitur Wi-Fi 6 dan 6E.


Baca juga: Internet data ponsel vs WiFi di Indonesia

Baca juga: Kiat hemat kuota modem WiFi

Baca juga: Lima tips aman gunakan WiFi publik
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022