Seoul (ANTARA News) - Mantan Menteri Pertanian Korea Selatan ditemukan tewas akibat bunuh diri Senin setelah dicecar pertanyaan terkait skandal korupsi, kata polisi.

Polisi mengatakan Im Sang-Gyu ditemukan di dalam mobilnya di dekat rumahnya di kota barat daya Suncheon, berikut sebuah catatan bunuh diri dan serpihan bekas arang kayu terbakar dalam kendaraan itu.

"Nampaknya penyebab kematiaannya adalah keracunan karbon monoksida," kata detektif yang menangani kasus tersebut kepada AFP.

Im, presiden Universitas Nasional Suncheon dan menteri pertanian dari 2007 hingga 2008, mengatakan dalam secarik kertas, dia merasa "sedih dan merana" dan "capek diuber-uber".

Pria berusia 61 tahun itu sedang diselidiki oleh para penuntut karena secara sengaja menerima uang dari seorang pebisnis untuk mengatur pertemuan dengan para pejabat pemerintah dan memenangkan kontrak negara.

Im menulis dalam catatannya bahwa dia tidak menerima suap.

"Saya pikir saya tidak dapat keluar dari perangkap setan... akibat dari hubungan yang salah dan pengaturan pertemuan yang simpel itu begitu keras," katanya.

Im juga sedang menghadapi penyelidikan apakah dia pada Januari menarik sejumlah besar tabungan bank sebelum ditutup, mengikuti saran dari ketua bank yang bersaudara tiri.

Angka bunuh diri di Korea Selatan tercatat salah satu yang tertinggi di dunia. (ANT/K004)

Penerjemah:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011