Washington (ANTARA News/AFP) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah menelepon Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, Selasa, dan mengucapkan selamat kepadanya atas kemenangannya dalam pemilihan umum, juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan.

Obama menelepon Erdogan, pemenang pemilihan anggota legislatif di Turki pada Ahad (12/6), dari pesawat kepresidenan Air Force One dalam penerbangan dari Miami ke Puerto Rico, kata Carney kepada wartawan yang melakukan perjalanan bersama presiden itu.

"Presiden belum lama lalu telah menyelesaikan pembicaraan telepon dengan Perdana Menteri Erdogan dari Turki," ujar Carney.

"Ia menelepon untuk mengucapkan selamat atas kemenangan partainya dalam pemilihan anggota parlemen."

Erdogan telah berjanji untuk berusaha berkompromi dengan oposisi setelah partainya memperoleh kemenangan, tapi tak mencapai mayoritas yang dibutuhkan untuk memeriksa konstitusi secara cermat.

Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), yang berakar Islam, memperoleh 49,9 persen suara, menurut hasil tidak resmi, penampilan terbaiknya dan untuk pertama kali satu partai meraih masa jabatan langsung ketiga sementara meningkatkan dukungannya.

Tapi AKP, yang berkuasa sejak 2002, masih kekurangan empat kursi dari mayoritas 330 kursi yang mereka usahakan dalam parlemen yang memiliki 550 kursi untuk mendesak dilakukannya pemeriksaan besar atas konstitusi tanpa dukungan partai lain.

(Uu.S008/C/C003) (*)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011