Jakarta (ANTARA) - China akan meningkatkan audit pada dana fiskal dan keuangan dengan berfokus pada audit implementasi kebijakan utama pemerintah, menurut auditor tertinggi China pada Kamis (6/1).

Pada 2022, upaya audit tersebut akan berfokus pada pengeluaran fiskal, penerapan kebijakan pemotongan pajak dan biaya, serta dukungan keuangan untuk ekonomi riil, terutama usaha kecil dan mikro, inovasi ilmiah dan teknologi, serta pembangunan hijau, ujar Hou Kai, auditor umum dari Kantor Audit Nasional China (National Audit Office of China/CNAO).

Selama periode Januari-November 2021, lnstitusi-institusi audit meneliti sekitar 61.000 entitas subjek yang harus diaudit. Langkah ini telah membantu memulihkan lebih dari 304 miliar yuan (1 yuan = Rp2.251) kerugian dan meningkatkan sekitar 9.900 aturan dan regulasi, katanya.

Sementara pada tahun lalu, upaya audit telah memfasilitasi pelaksanaan kebijakan pemerintah pusat dan menjaga keamanan ekonomi nasional, tambahnya.

CNAO mengaudit implementasi anggaran pemerintah pusat serta penerimaan dan pengeluaran pemerintah lainnya. Institusi-institusi audit setempat di berbagai tingkatan mengaudit implementasi anggaran di tingkat terkait serta penerimaan dan pengeluaran pemerintah lainnya. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2022