Jakarta (ANTARA News) - Pusat Inovasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PI UMKM) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan mengadakan seleksi dan memberikan apresiasi terhadap daerah, tokoh pelopor, dan produk inovatif dalam rangka menguatkan sistem inovasi nasional.

"Rencananya proses seleksi akan dimulai pada Juli hingga Oktober 2011 dan penyerahan anugerahnya pada November," kata Deputi Kepala BPPT bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi di Jakarta, Kamis.

Anugerah tersebut yakni Innovating Regions Awards bagi kabupaten/kota yang berkomitmen dan berprestasi dalam mendorong kreativitas dan keinovasian.

Selain itu, Innovation Leadership Awards bagi kepala daerah yang berkomitmen, memiliki leadership dan terbukti berprestasi dalam memperkuat sistem inovasi di daerahnya dan melaksanakan reformasi birokrasi secara inovatif.

Selain itu, Greennovation Awards bagi produk barang atau jasa dan sistem inovatif yang mendukung pelestarian lingkungan, penanggulangan masalah pencemaran dan produksi bersih yang relevan dengan pembangunan berkelanjutan.

Ketiga penghargaan ini akan melengkapi penghargaan yang sudah berjalan sebelumnya selama dua tahun, yakni Technopreneurship Awards yang diberikan kepada lembaga yang berprestasi memberi pelayanan, produk inovatif, dan pendampingan serta menginkubasi UMKM secara inovatif.

PI UMKM terbentuk pada 2009 untuk memberi pelayanan terpadu di bidang jasa layanan berbasis teknologi, pengembangan sumber daya manusia, intermediasi bisnis UMKM dan fasilitas akses pembiayaan.

Saat ini Sudah ada 35 PIUMKM yang didampingi BPPT antara lain Icell Solo, yayasan Tunas Karya Bandung, Yayasan Pengembangan Industri Kecil Menengah Sukoharjo, dan lain-lain.

Melalui Balai Inkubator Teknologi (BIT), lanjut dia, BPPT juga terus berupaya meningkatkan tumbuhnya teknoprener dengan berupaya melahirkan pengusaha-pengusaha baru berbasis teknologi dan membantu pengusaha yang sudah ada supaya memanfaatkan teknologi secara optimal.

Dalam penciptaan teknoprener baru BIT melakukan inkubasi teknologi dimana pengusaha baru, datang ke BIT kemudian didampingi dalam proses inkubasi hingga pemilihan teknologinya serta mempertemukan dengan mitra pengusaha untuk memproduksinya dan memasarkannya.

(D009) (ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011