Aden, Yaman (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Sebuah ledakan besar terdengar di kota pelabuhan selatan Yaman Aden Kamis malam, diikuti oleh tembakan-tembakan berat antara pasukan keamanan dan pria bersenjata yang diyakini gerilyawan Al Qaida, kata saksi dan para pejabat kepada Xinhua.

Ledakan itu mengguncang Aden setelah diduga gerilyawan Al Qaida melemparkan dua granat di kompleks peradilan di kabupaten Al Mualla, menurut warga setempat Amgad Nabil kepada Xinhua.

Bangunan tempat tinggal di dekatnya terguncang diikuti oleh pemadaman listrik di tengah tembakan-tembakan berat, kata Nabil, dan menambahkan bahwa belum ada informasi apapun tentang korban.

Seorang pejabat keamanan setempat yang tak bersedia disebut namanya mengatakan kepada Xinhua, bahwa Al-Qaida yang mengendalikan kota Zinjibar provinsi Abyan sudah menyusup ke Aden dan mulai melakukan serangan terhadap beberapa gedung pemerintah dalam upaya memprovokasi ketakutan di antara penduduk setempat dan mengambil kendali pelabuhan penting.

Pamflet-pamflet dibagikan di berbagai daerah provinsi Aden selama dua hari terakhir, menyerukan warga untuk terlibat dalam perjuangan melawan "kafir".

Sejumlah provinsi Yaman selatan dan timur selama dua bulan terakhir mengalami kehadiran aktif dan luas Al-Qaida, yang memanfaatkan situasi genting negara tersebut.

(T.H-AK/C/H-AK/S004) (*)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011