Jakarta (ANTARA) - China mengumumkan rencana untuk meningkatkan kemampuannya dalam menjaga ketahanan air selama periode Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025).

Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional bersama Kementerian Sumber Daya Air China, seperti dilansir Xinhua, Rabu, telah mengumumkan rencana lima tahun yang pertama untuk ketahanan air yang akan dilaksanakan di tingkat nasional.

Berdasarkan rencana tersebut, pada 2025 mendatang, kapasitas China untuk pengendalian banjir dan penanggulangan kekeringan, pemanfaatan sumber daya air, alokasi optimal sumber daya air, dan perlindungan ekologis air akan meningkat signifikan.

Selama periode lima tahun tersebut, berbagai upaya akan dilakukan untuk mengimplementasikan inisiatif penghematan air nasional serta memajukan pembangunan proyek-proyek air utama dan jaringan perairan berkonsep pintar, papar rencana itu.

Lebih lanjut rencana itu menyebut bahwa China juga akan meningkatkan upaya untuk mendorong reformasi di bidang-bidang utama konservasi air, meningkatkan pengembangan inovatif untuk konservasi air, dan memodernisasi sistem pengelolaan air. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2022