Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (Danamon) membuka layanan Trade Service Point at Port (TSPP) yang memberikan berbagai layanan ekspor impor di satu tempat untuk mendukung aktivitas pembiayaan perdagangan di Indonesia.

Direktur Utama Danamon Henry Ho dalam keterangannya di Jakarta, Senin, menjelaskan layanan ini tersedia secara komprehensif dan terintegrasi untuk melayani para nasabah.

"Solusi yang kami perkenalkan hari ini memungkinkan Danamon melayani nasabah trade finance kami dengan lebih baik, serta mendukung aktivitas bisnis yang cepat dan efisien," ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya layanan satu tempat ini, para nasabah dapat menyelesaikan transaksi mereka di tempat mereka melakukan aktivitas ekspor dan impor yaitu pelabuhan.

"Dengan pendekatan jemput bola ini, kami mendekatkan diri kepada nasabah di tempat aktivitas ekspor impor mereka, yaitu pelabuhan. Para nasabah sekarang dapat menyelesaikan transaksi di satu tempat yang dekat dengan pelabuhan, yang berarti efisiensi proses dan waktu perjalanan ke tempat layanan," ujarnya.

Berbagai layanan trade finance tersedia di setiap TSPP Danamon untuk memenuhi kebutuhan nasabah, antara lain Pajak Impor (PIB), Pajak Ekspor (PEB), serta B/L endorsement.

Menurut rencana, hingga akhir 2011, Danamon berencana membuka lima TSPP, yaitu di pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Perak, Belawan, Balikpapan dan Makassar.

Selanjutnya direncanakan pembukaan enam TSPP lainnya di pelabuhan-pelabuhan utama di Indonesia, meliputi wilayah Batam, Cigading, Cengkareng, Cirebon, Tanjung Mas, dan Manado.

"Jaringan TSPP di lokasi-lokasi strategis ini akan memberikan kenyamanan bagi para nasabah kami dalam melakukan kegiatan bisnisnya, sekaligus menarik lebih banyak klien yang berlokasi di wilayah pelabuhan," ujar Direktur Danamon, Pradip Chhadva.

Inisiatif ini juga sejalan dengan rencana strategis Danamon untuk meningkatkan pertumbuhan di lini bisnis lainnya, khususnya perbankan korporasi dan komersial.

Sampai dengan akhir 2011, unit usaha trade finance dan cash management Danamon menargetkan pendapatan tumbuh 50 persen dari tahun sebelumnya.

Saat ini Danamon merupakan salah satu bank yang paling aktif dan terintegrasi dalam bisnis trade financing di Indonesia, didukung oleh tim yang kompeten dan berpengalaman.

"Jaringan layanan bisnis trade finance kami yang hadir secara nasional di berbagai kota besar di Indonesia, serta kerjasama dengan lebih dari 100 bank di 88 negara di seluruh dunia menjadi kekuatan Danamon dalam mendukung nasabah kami mencapai tujuan bisnis mereka," ujar Pradip. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011