Jakarta (ANTARA) - Kota Shanghai, pusat keuangan China, pada 2021 mencatat rekor investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) sebesar 22,55 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.299).

Jumlah tersebut dilaporkan naik 11,5 persen secara tahunan (year on year/yoy), demikian disampaikan otoritas setempat dalam konferensi pers pada Rabu (12/1).

Pada konferensi pers tersebut, otoritas setempat juga menyatakan, untuk lebih mendorong keterbukaan, meningkatkan lingkungan bisnis, dan memberikan otonomi investasi yang lebih besar bagi perusahaan asing, kota metropolitan China itu mengeluarkan berbagai prosedur untuk merampingkan persetujuan dan pengajuan proyek dengan investasi asing.

Menurut otoritas setempat, prosedur-prosedur yang berlaku untuk investor asing dan proyek-proyek yang baru didirikan atau diakuisisi oleh perusahaan investasi asing yang melibatkan investasi aset tetap di Shanghai akan mulai berlaku pada 1 Maret.

Selain prosedur-prosedur tersebut, lebih banyak kebijakan seperti kebijakan pembebasan pajak akan diterapkan untuk memfasilitasi investasi asing dan menarik lebih banyak investor asing, kata Peng Yihao, Wakil Direktur Komisi Pembangunan dan Reformasi Kota Shanghai.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2022