Jakarta (ANTARA News) - Nilai penjualan barang di pusat-pusat belanja selama pesta diskon tahunan "Festival Jakarta Great Sale/FJGS 2011" ditargetkan meningkat 20 persen dibanding omzet kegiatan yang sama tahun lalu yang nilainya Rp7,2 triliun.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Handaka Santosa, yang tahun ini memimpin penyelenggaraan FGJS optimistis target itu bisa tercapai karena respon konsumen terhadap berbagai promosi tentang pesta diskon tahunan yang berlangsung di Jakarta selama 17 Juni sampai 17 Juli 2011 tersebut cukup positif.

"Kalau melihat apa yang terjadi selama pekan pertama `Jakarta Great Sale` tahun ini saya optimistis itu bisa dicapai. Apalagi tahun ini promosinya lebih gencar. Kalau penjualan bagus kan produksi bertambah, pembelian bahan baku lebih banyak, ini bagus untuk perekonomian," katanya di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, meski waktu persiapan tidak terlalu panjang, namun peserta dan panitia penyelenggara ajang diskon tahunan Jakarta melakukan beragam promosi secara agresif untuk menarik lebih banyak konsumen membelanjakan uang.

Di samping menawarkan potongan harga antara 20 persen hingga 70 persen, kata Handaka, pengelola pusat belanja yang mengikuti FJGS juga menyediakan beragam hadiah menarik bagi para pembelanja.

"Senayan City misalnya, memberikan kupon undian hadiah mobil Mercedes setiap pembelian Rp500.000. Ada lima hadiah mobil yang disediakan," kata Handaka yang juga CEO Senayan City.

Panitia Penyelenggara FJGS pun, ia menambahkan, menyediakan hadiah undian berupa mobil "Mercedes Benz Smart Fortwo" bagi para pebelanja.

Ia menjelaskan promosi FJGS juga dilakukan melalui berbagai sarana, di antaranya melalui media cetak, radio dan televisi serta pemasangan reklame.

"Semua jaringan yang ada dimanfaatkan untuk memromosikan ini," katanya serta menambahkan sasaran promosi FJGS bukan hanya konsumen lokal, tapi juga para turis asing.

Sebanyak 68 mal peserta FJGS, ia mengatakan, juga secara bergantian menyelenggarakan pesta diskon tengah malam selama acara diskon tahunan itu berlangsung untuk lebih menarik calon pembeli.(*)

(T.M035/A027)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011