Gianyar, Bali (ANTARA News) - Sebanyak 30 seniman Kabupaten Gianyar, Bali, yang tergabung dalam Yayasan Putra Sedana akan mengikuti Festival Folklores di Perancis.

"Persiapan ke sana itu sudah sejak setahun lalu," kata Ketua Yayasan Yasa Putra Sedana, Dewa Rai Budiasa, usai berpamitan dengan Bupati Gianyar, Tjokorda Ardana Sukawati, di Gianyar, Bali, Senin.

Dewa Rai menjelaskan peserta para seniman dari Gianyar itu akan mengisi kegiatan Parade Budaya dan lokakarya di delapan kota di Prancis dan Belgia dari 8 Juli sampai 22 Agustus 2011.

"Ini merupakan kali kedua Bali menjadi Duta Indonesia sejak 1987 dan untuk kedua kalinya juga Yayasan Yasa Putra Sedana dipercaya membawa nama Bali," jelasnya.

Ia berharap dengan keikutsertaan para seniman Gianyar ke negeri mode itu mampu memberikan atmosfir baru bagi kepariwisataa di Bali, disamping membangkitkan para seniman muda.

"Keberangkatan para seniman muda itu sangat dirasakan karena menjadi pengalaman pertama yang menarik," ujarnya.

Sukawati menyampaikan melalui kegiatan festival ini diharapkan dapat membuka wawasan bagi peserta tentang budaya luar yang pada akhirnya dapat memperkuat jati diri sebagai warga Bali.

Bupati asal Puri Agung Ubud itu menambahkan melalui festival ini juga dapat menjadi media promosi yang sangat efektif bagi Pariwisata Bali dan Gianyar Khususnya.

Selain itu, pria yang juga Ketua PHRI Bali itu mengharapkan para peserta dapat menjaga fisik dan kesehatan diri karena nantinya akan menghadapi kondisi iklim dan cuaca yang berbeda di luar negeri.

"Para peserta tetap menjaga kekompakan dan selalu ingat untuk mendekatkan diri pada Tuhan sehingga segala kegiatan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan," katanya.
(ANT)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011