Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima peserta musyawarah nasional IV Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Istana Negara Jakarta, Selasa.

Dalam acara tersebut Presiden didampingi oleh Wakil Presiden Boediono, Mendiknas Muhammad Nuh, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Mensesneg Sudi Silalahi dan Seskab Dipo Alam dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Mendiknas dalam sambutannya mengatakan jumlah anggota APTISI 2.980 perguruan tinggi dengan mahasiswa 2,8 juta mahasiswa.

Salah satu tantangan bagi perguruan tinggi adalah menjadikan sebagai mesin penggerak kesejahteraan sekaligus membentuk karakter siswa.

Mendiknas mengatakan perguruan tinggi melalui tri dharma perguruan tingginya bisa mendorong keberhasilan program pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat termasuk dalam peningkatan perekonomian nasional.

Ketua APTISI Prof.DR.Ir Suharyadi, dalam kesempatan itu mengatakan ada 530 orang yang hadir dalam musyawarah nasional tersebut.

APTISI empat tahun mendatang akan menyiapkan dan terus membenahi diri sehingga mampu meningkatkan daya saing dalam menghadapi tantangan kemampuan sumber daya manusia tahun-tahun mendatang.

Ada sejumlah usulan yang disampaikan adalah, peningkatan ekualitas bagi perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri. Juga dimintakan keringanan pajak bagi PTS.

"Pemerintah juga diminta untuk membantu peningkatan kemampuan dosen di jenjang S2 dan S3," katanya.

APTISI mengharapkan bantuan itu dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan.
(*)
 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011