Mexico City (ANTARA News/AFP) - Kepala bank sentral Meksiko Agustin Carstens, yang kalah oleh Christine Lagarde pada Selasa, mengatakan menteri keuangan Prancis itu akan "sangat mampu" menjadi ketua Dana Moneter Internasional.

"Saya menyambut pemilihan Christine Lagarde sebagai direktur pelaksana IMF, dan memperpanjang dukungan penuh dan keinginan terbaik saya padanya. Saya yakin bahwa Ny Lagarde akan menjadi pemimpin institusi yang sangat mampu," kata Carstens yang sangat ramah dalam sebuah pernyataan setelah IMF mengumumkan telah memilih Lagarde untuk menjalankan lembaga pinjaman global tersebut.

"Pada saat yang sama, saya berharap bahwa di bawah arahan Ny Lagarde, IMF akan membuat kemajuan yang berarti dalam memperkuat tata kelola lembaga, sehingga menjamin legitimasi, kekompakan, dan akhirnya, efektivitas," kata Carstens.

"Saya sepenuh hati mengucapkan terima kasih untuk semua dukungan pencalonan saya yang saya terima dari berbagai penjuru dunia."

Carstens telah berusaha untuk menjadi yang pertama non-Eropa ke ketua IMF yang berbasis di Washington sejak lembaga itu didirikan setelah Perang Dunia II.

Dia mendapat dukungan dari Kanada dan Australia, serta beberapa negara berkembang yang melihatnya sebagai harapan terbaik untuk mewakili kepentingan mereka dari 187 negara anggota IMF.

Tapi kampanyenya tak pernah benar-benar memperoleh traksi, dan itu jelas sekali tenggelam di negara berkembang Brazil, China dan Rusia yang secara terbuka menyatakan dukungan mereka untuk saingannya, Lagarde.

Sosok intelektual dan fisik yang prima dari Carstens telah hadir di lorong-lorong lembaga ekonomi dan keuangan global untuk beberapa dekade, dan sedikit yang meragukan kualifikasinya untuk menjalankan IMF.

Dia adalah seorang teknokrat Meksiko yang meningkat di tahun 1990-an ketika negara itu pada akhirnya menerima sebuah penyelamatan dari IMF-AS, salah satu yang pertama untuk menunjukkan bahaya kepada negara berkembang dari ayunan liar di pasar modal dan pasar uang global.

Carstens, 53 tahun, adalah salah satu dari generasi cerdas terlatih AS dari ekonom ekonomi berkembang dengan link yang kuat di seluruh dunia.

Dia meraih gelar master dan doktor di bidang ekonomi di Universitas Chicago, yang telah menyebabkan dia kaum kiri yang dilabel sebagai dogmatis yang terikat prinsip-prinsip pasar bebas gaya AS.

Tapi di akhir kepala bank sentral Meksiko, yang sudah menjabat tiga tahun sebagai wakil direktur pelaksana IMF, tidak mampu mengatasi dukungan untuk Lagarde dan mematahkan 65 tahun cengkeraman Eropa di posisi tertinggi IMF. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011