Jakarta (ANTARA News) - Operasi Surya Bhaskara Jaya TNI-AL, (SBJ) LX Sail Wakatobi Belitong 2011 digelar untuk mendukung pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir berupa pelayanan kesehatan.

Gelaran itu dinyatakan dalam pelepasan Satuan Tugas Operasi SBJ LX oleh Menteri Koordinasi Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, di Dermaga Komando Lintas Laut Militer TNI-AL, di Jakarta, Kamis.

Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LX yang rutin diadakan setiap tahun kali ini meliputi pelayahan kesehatan dan pelayanan sosial di beberapa wilayah di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk mendukung SBJ LX Sail Wakatobi-Belitung TNI AL kali ini, dikerahkan KRI Dr Soeharso-990, helikopter BO-105, tim kesehatan gabungan dan Batalyon Zeni Korps Marinir.

"Tim SBJ akan memberikan pelayanan kesehatan di enam lokasi yakni Pinang, Gorontalo, Banggai, Bau-bau, Wangi-wangi dan Kendari," katanya.

Selain itu, dilakukan pula karya bhakti berupa renovasi fasilitas umum, penyuluhan kesehatan, hukum, bela negara, reboisasi serta bahan-bahan makanan dan obat-obatan.

Agung menambahkan, dalam kegiatan itu juga diberikan buku-buku pelajaran dan bacaan dari Kementerian Pendidikan Nasional dan buku agama dan kitab suci dari Kementerian Agama.
(ANT.R018)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011