Solo (ANTARA News) - Pemerintah Kota Surakarta yang mengadakan acara nonton bersama berlangsungnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di The Sunan Hotel Solo, akan dipusatkan di kawasan Stadion Manahan, pada Sabtu (9/7).

"Hal itu untuk memudahkan koordinasi dengan para personel keamanan dan suporter Pasoepati dalam menjaga situasi Kota Solo agar kondusif selama berlangsungnya kongres," kata Mayor Haristanto, salah satu pendiri Pasoepati Solo, di Solo, Senin.

Menurut dia, masyarakat yang akan menonton langsung jalannya Kongres PSSI diperkirakan cukup banyak, karena sejumlah suporter dari daerah lain juga menyatakan minatnya menyukseskan kongres.

Selain itu, kata dia, dipilihnya kawasan Stadion Manahan untuk lokasi nonton bersama jalannya kongres tersebut, diyakini akan lebih nyaman.

Namun, kata dia, jika acara nonton bareng diselenggarakan di beberapa titik di Kota Solo, dipastikan petugas akan kesulitan melakukan pengawasan.

Pemkot sebelumnya berencana mengadakan nonton bareng pelaksanaan kongres untuk memenuhi keinginan masyarakat Solo dan para suporter di empat titik.

Menurut Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, lokasi nonton bareng jalannya kongres semula di empat titik yakni di Lokananta dekat The Sunan Hotel, Pendhapi Gede Solo, kawasan Stadion Manahan, dan Stadion Sriwedari.

Namun, kata dia, setelah mengadakan pertemuan dengan para pengurus suporter Pasoepati, acara nonton bareng hanya satu titik yang dipusatkan di Stadion Manahan Solo.

Menurut Rudiatmo, nonton bareng kongres tersebut yang jelas masyarakat akan tahu bahwa kegiatan nasional untuk memilih Ketua, Wakil Ketua dan Komite Eksekutif PSSI berjalan lancar seperti yang diharapkan warga Solo khususnya, dan rakyat Indonesia pada umumnya.

Pihaknya sengaja menyiapkan acara nonton bersama dengan layar lebar tersebut, agar masyarakat bisa menyaksikan sekaligus mengawasi secara langsung jalannya kongres.(*)
(U.B018/I007)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011