Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan apresiasi atas sikap Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva yang mengundurkan diri sebagai Ketua Partai Demokrat Thailand setelah kekalahan partainya dalam pemilu.

Staf khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, menyatakan Presiden menilai langkah yang diambil oleh Abhisit itu sebagai tindakan yang terpuji.

"Beliau melihat itu dalam konteks Abhisit, sebagai pihak yang tidak beruntung dalam pemilu ini secara ksatria menerima kekalahan," kata Faizasyah.

Faizasyah mengatakan Presiden melihat proses pemilu di Thailand sangat baik dan lancar.

Abhisit pada Senin (4/7) menyampaikan pengunduran diri sebagai Ketua Partai Demokrat. Hasil penghitungan sementara Komite Pemilihan Umum Thailand memperlihatkan Partai Demokrat hanya meraup perolehan 159 kursi dari 500 kursi di parlemen.

Sementara itu Partai Puea Thai yang dipimpin oleh Yingluck Shinawatra, adik mantan PM Thaksin Shinawatra, memperoleh 265 kursi dari 500 kursi di parlemen.
(*) 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011