Jakarta (ANTARA News) - Dua kantor berita dari Indonesia dan Portugal telah menandatangani nota kesepahaman kerja sama. Kerja sama yang dibangun Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA dan Kantor Berita Portugal LUSA dapat menjadi kontribusi penting terhadap penguatan hubungan dua negara.

"Indonesia dan Portugal telah berhubungan baik selama beberapa tahun belakangan. Kami berharap penandatanganan MoU hari ini dapat memberi kontribusi positif untuk memperkuat hubungan tersebut," kata Direktur Kerja Sama Eropa Barat Kementerian Luar Negeri, Dewa Made Sastrawan, di Jakarta, Selasa.

Selain Sastrawan, turut hadir Duta Besar Indonesia untuk Portugal, Albert Matondang, dan Wakil Duta Besar Portugal untuk Indonesia, Pedro Coelho. "Diplomasi saat ini tidak hanya dengan cara tradisional tapi juga bisa melalui bidang lain seperti kebudayaan, ekonomi, olah raga, dan sekarang melalui media," kata Coelho.

Naskah kerja sama ANTARA-LUSA itu sebelumnya telah ditandatangani Direktur Utama Perum LKBN ANTARA, Ahmad Mukhlis Yusuf, dan Kepala/CEO Kantor Berita LUSA, Afonso Camoes, di Lisbon, Portugal, pada 22 Juni lalu.

Dalam salah satu pasalnya, secara teknis, kerja sama di antara kedua kantor berita kedua negara itu meliputi tukar-menukar berita teks, video, dan foto berita.

"Kita semua harus memanfaatkan kerjasama ini untuk memberi semangat baru terhadap hubungan Indonesia-Portugal di masa depan," kata Coelho.
(ANT.A051)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011