Ternate (ANTARA News) - Badan Lingkungan Hidup Kota Ternate, Maluku Utara, akan meneliti pencemaran di Danau Laguna yang mengakibatkan kematian ribuan ikan milik petani tambak setempat.

"Untuk mengetahui penyebab pencemaran di Danau Laguna, Badan Lingkungan Hidup Kota Tenate telah meminta tim dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk memberikan pelatihan mengenal alat laboratorium hasil pengadaaan BLH pada 2011," kata Kepala BLH Kota Ternate Marwan Do Hasyim di Ternate, Selasa.

Ia mengatakan, alat laboratorium ini masih baru sehingga personel BLH memerlukan kursus atau pengenalan terhadap alat ini.

Ia menambahkan apabila tidak diberikan kursus, alat ini akan menjadi besi tua karena pihaknya tidak mengetahui fungsi alat itu.

Ia mengatakan, telah menyampaikan permintaan itu kepada Deputi II KLH yang akhirnya menyetujui untuk menurunkan tim untuk memberikan kursus pengenalan alat kepada tim BLH Kota Ternate.

Ia menambahkan, sebelum tim dari Kementerian Lingkungan Hidup kembali, tim BLH harus sudah mengenal alat itu.

Untuk melakukan penelitian tentang penyebab pencemaran akan digunakan tiga alat, yaitu alat untuk mendeteksi air, udara, dan tanah dan untuk mengetahui kepastian hasil dari penelitian penyebab pencemaran.

(KR-AF/L002)



NNNN



(T.KR-AF/C/N002/N002) 05-07-2011 16:12:20

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011