Bandung (ANTARA News) - Tim Persib "Maung Bandung" menutup pintu bagi pelatih asing dan memastikan untuk merekrut pelatih lokal yang memiliki karakter dan berkualitas.

"Pelatih lokal memiliki memiliki kualitas bagus, Persib fokus untuk memilih pelatih lokal. Tidak ada jaminan pelatih asing bisa membuat tim lebih baik," kata Manajer Persib Bandung H Umuh Muhtar di Bandung, Kamis.

Meski demikian Manajer "Maung Bandung" itu enggan menyebutkan nama pelatih lokal yang akan menukangi tim berkostum biru-biru itu pada Liga Super Indonesia (LSI) 2011-2012.

Pria yang baru pulang ibadah umrah itu menyatakan, pengumuman nama pelatih Persib akan dilakukan setelah pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Solo, Sabtu (9/7).

Ada kemungkinan Senin (11/7) mendatang, Persib sudah memiliki pelatih yang akan mengawal perjalanan Persib pada musim kompetisi mendatang. Membentuk tim, menentukan kontrak serta membuat skema dan strategi untuk merealisasikan ambisi Persib menjadi juara LSI 2011-2012.

"Saya akan umumkan pelatih setelah Kongres Luar Biasa PSSI, tunggu saja," kata Umuh.

Namun pelatih Persija, Rahmad Darmawan disebut-sebut menjadi calon kuat pelatih Persib. Pelatih itu sudah dihubung-hubungkan dengan kursi kepelatihan Persib sejak dua tahun lalu, namun belum juga terealisasi.

Ketika dikonfirmasi nama itu, Umuh tetap bersiteguh untuk merahasiakan nama pelatih Persib itu. Bahkan pada kesempatan itu Umuh yang pengusaha senior di Kota Bandung itu malah memuji kinerja pelarih Daniel Roekito yang berhasil memberikan sembilan kemenangan kepada Persib pada putaran kedua dan menempatkan tim itu finish di peringkat ke-7 klasemen akhir LSI 2010-2011.

"Saya puas dengan kinerja Coach Daniel Roekito, ia memberi warna bagi Persib di para putaran kedua," kata Umuh.

Penyataan Umuh yang menyebutkan kecenderungan timnya menggunakan jasa pelatih lokal seakan mematahkan peluang sejumlah nama pelatih asing menangani Persib. Sebelumnya Rene Albert dan Jackson F Tiago di masuk bursa pelatih Persib disamping pelatih Herry Kiswanto.

Sementara itu, Persib meliburkan para pemainnya hingga akhir Juli 2011 karena tidak ada kegiatan kompetisi maupun turnamen. Namun demikian para punggawa Persib Bandung itu masih terikat kontrak dengan Persib hingga September 2011.

Kontrak hingga bulan kesembilan itu dilakukan Persib mengantisipasi pelaksanaan Piala Copa, namun tahun ini turnamen itu ditiadakan sehingga seluruh pemain `menganggur`.

Terkait beberapa nama yang dihubung-hubungkan dengan klub lain, Umuh tidak menutup minat bagi pemain itu, namun ia berharap ada komunikasi dengan manajemen.

"Silakan saja bila ada pembicaraan dengan klub lain, namun bicara dengan manajemen. Hingga hari ini belum ada yang ngomong mau pindah tim," katanya.

Ia mengakui, dari hasil evaluasi dan laporan tim pelatih Persib setiap pemain Persib memiliki nilai atas kinerjanya sepanjang musim lalu. Laporan evaluasi pelatih itu, kata Umuh menjadi salah satu pertimbangan bagi manajemen untuk mempersiapkan tim untuk musim kompetisi mendatang.(*)
(U.S033/Y003)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011