Jakarta (ANTARA) -- Menabung memang memberikan banyak sekali manfaat bagi kondisi keuangan. Meski terdengar sederhana, yaitu mengumpulkan uang sebanyak mungkin, namun menabung juga membutuhkan tips tertentu lho. Tujuannya supaya proses menabung menjadi lebih efektif dan efisien. Lalu, seperti apa tips tersebut?

5 Tips Menabung untuk Pemula

Inilah beberapa tips menabung yang bisa dipraktekkan oleh para pemula:

1. Merencanakan Tabungan Anda

Bagi Anda yang hendak menabung, terdapat langkah utama yang harus dilakukan yaitu dengan memilih target tabungan. Usahakan saat merencanakan untuk menabung sudah ada tujuan dan goal yang kuat dan harus dicapai. Sebab hal ini bisa membantu untuk tetap konsisten dalam menabung.

Selain itu dengan menuliskan goal tujuan, Anda jadi lebih semangat untuk merealisasikan dan mewujudkannya. Berikut cara menentukan perencanaan tabungan yang dapat menjadi referensi:

a. Mencari tahu keinginan yang ingin diraih. Misal untuk menikah, membeli rumah, membeli kendaraan, atau bisa juga untuk dana pensiun
b. Menetapkan deadline tabungan terpenuhi untuk mencapai tujuan Anda. Jangan lupa untuk menghitung inflasi juga. Misalnya saat ingin membeli rumah dalam jangka waktu 5 tahun, Anda dapat menyesuaikannya dengan kemungkinan kenaikan harga properti dalam kurun 5 tahun mendatang
c. Memiliki komitmen menabung rutin tiap bulannya.

2. Selalu Ingat untuk “Stick to the Budget

Berusaha untuk tetap patuh pada rencana tabungan Anda juga biasa disebut dengan stick to the budget. Hal ini dapat dianggap sebagai pembatas yang dapat mengontrol keinginan. Contohnya saat ingin berfoya-foya namun memilih untuk tetap menyisihkan uang untuk ditabung. Terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan supaya tetap stick to the budget yaitu:

a. Dalam menyisihkan penghasilan, gunakan prinsip saving challenge. Anda dapat menetapkan besaran uang yang masuk kedalam tabungan dari gaji. Misalnya dapat mengambil 50% dari gaji untuk ditabung
b. Selalu ingat tujuan yang ingin diraih saat memutuskan untuk menabung pertama kali. Anda juga dapat memasang wall-sticky note di kamar dan dapat melihatnya saat hendak tidur atau bangun tidur. Selain itu, juga dapat memasang wallpaper ponsel dengan goal tujuan yang ingin dicapai dengan menabung.

3. Mengurangi dan Membatasi Pengeluaran

Saat menabung, usahakan Anda dapat menahan keinginan yang tidak begitu penting. Hal ini cukup sulit untuk dilakukan jika tidak memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan keinginan. Padahal, apabila dapat membiasakan diri untuk membatasi ataupun mengurangi pengeluaran, ke depannya Anda akan semakin terbiasa.

Selain itu Anda juga harus mampu untuk membedakan antara kebutuhan dan juga keinginan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi belanja, mengurangi jajan atau makan di luar, mengurangi hangout bareng teman jika memang tidak begitu penting. Dengan menerapkan cara ini, menabung akan menjadi jauh lebih efektif dan cepat terkumpul.

4. Memiliki Pendapatan Tambahan

Jika Anda ingin cepat mencapai target tabungan dengan lebih cepat, cara ini dapat dilakukan. Caranya adalah dengan mencari income tambahan untuk tabungan. Saat ini Anda bisa mendapatkan pendapatan tambahan dengan cara menjadi reseller, jasa fotografi, freelance writer atau yang lainnya.

5. Memiliki Rekening Berbeda untuk Menabung

Hal ini memiliki tujuan untuk memisahkan dana tabungan dan juga dana untuk kebutuhan hidup. Tujuannya agar dana tabungan tetap utuh dan tidak tercampur dengan dana lain yang masih bisa Anda otak-atik.

Nah, itulah beberapa tips menabung untuk pemula. Salah satu produk yang dapat membantu Anda dalam mewujudkan impian financial Anda adalah Senyumku: Bank Digital & Deposito. Senyumku merupakan salah satu aplikasi perbankan revolusioner yang dapat membantu Anda dalam melakukan aktivitas finansial seperti menabung, mencatat pengeluaran, transaksi keuangan dengan cara cerdas, simple dan aman.

Melalui aplikasi Senyumku Anda juga dapat dengan cepat mewujudkan impian Anda karena bunga tabungannya yang sebesar 5,5% tiap tahunnya. Jadi tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Senyumku sekarang juga dan nikmati kemudahan untuk menabung!

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2022