Buenos Aires (ANTARA News/AFP) - Awan abu akibat letusan gunung api Puyehue Chile, Jumat, menyebabkan penerbangan dibatalkan di berbagai bandar udara ibu-kota Uruguay dan Argentina, tempat diselenggarakannya pertandingan sepak bola.

Sejumlah penerbangan internasional ditangguhkan atau dibatalkan baik yang datang ke maupun yang berangkat dari Buenos Aires, kata pihak otoritas bandara regional Argentina Aeopuertos 2000 di laman internetnya.

Puyehue menyebabkan perjalanan pesawat terganggu sejak gunung itu kembali aktif 4 Juni untuk pertama kali dalam lima dasawarsa, dengan menyemburkan debu dan abu ke udara.

Penerbangan di seluruh Amerika Selatan termasuk ibu kota Uruguay, Montevideo, ibu kota Chile, Santiago, dan Brazil selatan dilanda awan abu yang menjalar ke belahnan bumi selatan sampai ke Australia dan Selandia Baru.

Penerbangan terbaru yang terganggu membuat kesal para pecinta sepak bola yang tiba di Argentina untuk menonton kompetisi Copa Amerika 1-24 Juli, yang menyedot ribuan pendukung. Turnamen regional itu di dilakukan di beberapa kota Argentina.

Di Montevideo, paling tidak 35 keberangkatan dan kedatangan pewasat dibatalkan akibat awan abu itu, kata para pejabat Bandara Internasional Carrasco.

Sebagian besar penerbangan itu adalah ke atau dari Buenos Aires tetapi keberangkatan seperti ke Lima (ibu kota Peru) dan Porto Alegre di Brazil juga dibatalkan.

Gunung api itu masih menyemburkan abu setinggi dua kilometer kurang dari 12Km pada saat puncak meletusnya, kata badan geologi dan pertambangan nasional Chile.

Biro cuaca nasional mengatakan angin dapat menimbulkan awan abu menuju Argentina akhir pekan ini.

"Tampaknya abu vulkanik itu akan menuju tenggara dan hanya akan melanda wilayah Argentina," kata seorang juru bicara.

"Letusan-letusan itu mungkin akan berlanjut dan mungkin kegiatan itu meningkat sehingga kesiagaan gunung api tetap merah" bagi letusan kecil, tambahnya.

Provinsi-provinsi Argentina barat daya termasuk Negro dan Neuquen berada dalam keadaan darurat karena kerusanan yang luas akibat lapisan tebal abu dari Puyehue itu.

Gunung berapi Puyehue terletak di pegunungan Andes, 870Km selatan Santiago di dekat perbatasan dengan Argentina.(*)

(Uu.H-RN/C003)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011