Merak (ANTARA News) - Antrean truk angkutan yang hendak menuju Pulau Sumatra mengular hingga sepanjang tujuh kilometer di Jalan Cikuasa Atas hingga Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten.

"Antrean ini terjadi karena penumpang dan kendaraan bus dan mobil pribadi meningkat," kata Riki, petugas jalan tol PT Marga Mandala Sakti (MMS), Minggu.

Riki mengatakan, selama dua hari terakhir antrean kendaraan ekspedisi menumpuk di Jalan Cikuasa karena kapal pengakut kendaraan jenis Roll On - Roll Out (Ro-Ro) yang dioperasikan sangat terbatas.

Selain itu juga, ia menilai, volume angkutan cukup tinggi sehingga terjadi penumpukan kendaraan truk di jalur tol hingga Pelabuhan Merak.

"Saya kira antrean bisa berkurang pada dini hari nanti," katanya.

Kepala PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan Indonesian Ferry Cabang Merak, La Mane, mengatakan bahwa antrean angkutan truk yang memadati Jalan Cikuasa Atas akibat berkurangnya kapal Ro-Ro yang dioperasikan.

Saat ini, kapal yang melayani penyeberangan Merak-Bakauheuni sebanyak 24 armada.

"Sebagian Kapal Ro-Ro lainya tidak beroperasi karena menjalani perawatan dan pemeliharaan rutin," ujarnya menambahkan. (*)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011