Jakarta (ANTARA News) - Wakill Ketua DPR RI Taufik Kurniawan berjanji akan memperjuangkan nasib perangkat desa menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Hal itu dikatakan oleh Wakil Ketua DDPR RI Bidang Kesra Taufik Kurniawan saat  menerima Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

"Bahwa saya, Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan berjanji akan perjuangkan kesejahteraan perangkat desa dengan menjadikannya PNS," kata Taufik dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai di hadapan hampir 100 anggota PPDI.

Menurut Taufik, memang ada cara lain untuk meningkatkan kesejahteraan perangkat desa.

"Ya, tapi salah satunya jadi PNS," kata Taufik Kurniawan.

Taufik menambahkan, perangkat desa merupakan pendekar di negeri ini di mana saat pemilihan kepala daerah, pemilu legislatif, dan pemilu presiden, para perangkat desa adalah pihak yang paling berjasa.

"Sudah selayaknya negara perhatikan kesejahteraan mereka dengan mengangkat jadi PNS," kata Taufik.

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional itu menambahkan, saat ini rencana pengangkatan PNS sudah disepakati di tingkat Menteri Keuangan dan Menteri Pemberdayaan Aparatur.

"Tinggal di Mendagri. Kendalanya keterbatasan keuangan. Dalam RUU Desa, usulan untuk menjadi PNS akan diperjuangkan," kata Taufik.

Sebelum mengakhiri audensi dengan dengan PPDI, Taufik bersama-sama anggota PPDI menyanyikan lagu Desaku.

Saat ini sekitar 80.600 orang perangkat desa mendesak untuk diangkat menjadi PNS. (zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011