Jakarta (ANTARA) - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Diponegoro-365 berhasil menangkap kapal ikan asing berbendera Vietnam - yang kuat diduga sedang mencuri ikan - di perairan Natuna sekitar 30 mil timur laut Kepulauan Natuna.

Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Danguspurlabar) Laksamana Pertama TNI A.Taufiqoerrochman di Jakarta, Jumat, mengatakan kapal penangkap ikan berbendera Vietnam tersebut ditangkap dengan nama kapal Minh Vhuong (BTAH 9868 ITS).

"Kapal memiliki ciri lambung kapal hijau anjungan putih dengan nahkoda Nguyen Vuong dan anak buah kapal sejumlah 10 orang Vietnam," katanya.

Taufiqoerrochman menambahkan kapal ikan dengan bobot 40 Gros Ton (GT) tersebut saat ditangkap sedang menangkap ikan di perairan Indonesia pada posisi 30 mil timur laut Pulau Laut di Kepulauan Natuna.

"Dari hasil pemeriksaan oleh personel KRI Diponegoro-365, di kapal ikan asing Vietnam tersebut ditemukan kapal memuat ikan sekitar satu ton ikan campuran," ujar dia.

Saat ini kapal Vhuong (BTAH 9868 ITS) beserta seluruh ABK dan muatan ikan diamankan di Lanal Ranai untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut oleh aparat TNI Angkatan Laut sesuai dengan prosedur hukum.

KRI Diponegoro-365 tergabung dalam operasi dan latihan yang digelar Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) di wilayah barat Indonesia yaitu di perairan Selat Malaka, perairan Natuna, dan ALKI I
(R018)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011