Jakarta (ANTARA) - Yayasan non profit Pemimpin.id menargetkan dapat mencetak  satu juta pemimpin muda yang dapat inklusif, efektif dan memberdayakan masyarakat pada bidangnya masing-masing.

“Melalui rangkaian acara #BerbagiPeran, kami berharap dapat mencetak setidaknya satu juta pemimpin muda yang inklusif, efektif dan memberdayakan masyarakat, serta berkontribusi pada negara melalui perannya masing-masing” ujar CEO Pemimpin.id, Dharmaji Suradika, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Acara #BeribagiPeran bertujuan untuk mengapresiasi berbagai kontribusi dan peran kepemimpinan dalam aktivitas kolaborasi di masyarakat.

Dia menambahkan saat bicara tentang pemimpin, tidak hanya membicarakan masalah tetapi juga harus mampu memecahkan masalah.

“Pemimpin artinya adalah kita semua yang bisa menciptakan kembali banyak pemimpin. Kami percaya setelah 2,5 tahun berjalan, kami belajar banyak hal untuk membawa perubahan. Kami belajar harus bertransformasi menjadi sesuatu yang lebih baik, profesional, terbuka, dan relevan, terutama untuk anak-anak muda,” terang dia.

Sementara itu, pendiri Ganara Art, Tita Djumaryo, mengajak orang muda untuk berbagi peran, melihat sekitar, dan saling berbagi beban untuk memajukan Indonesia.

“Ini adalah nilai kepemimpinan yang kita butuhkan bergandengan tangan berbagi ikatan, berbagi kesusahan. Kita berharap dengan demikian Indonesia akan menjadi lebih baik. Dengan semangat berbagi indonesia akan menjadi lebih baik,” kata Tita.

Direktur Program MBA ITB Kampus Jakarta, Yudo Anggoro, menekankan peran penting pendidikan yang membebaskan dari rasa tidak tahu menjadi tahu.

"Pendidikan membebaskan dan memerdekakan manusia. Pendidikan harus bisa mengubah wajah Indonesia yang kurang kompetitif. Pendidikan harus bisa diakses seluruh penduduk indonesia dengan kualitas yang sama baiknya di seluruh sudut Indonesia,” kata Yudo.

Pendidikan, lanjut Yudo, harus dapat memecahkan persoalan yang ada di masyarakat baik dalam tataran pikiran maupun praktik.

Pada acara #BerbagiPeran tersebut, juga dihadirkan rangkaian seminar yang dihadiri Dini Ardi Wardini (VP of Product Innovation & Development PT Paragon Technology and Innovation), Catharina Davy (CEO dan Co-founder Narasi TV), Yudo Anggoro (Direktur MBA Program ITB Kampus Jakarta), Tita Djumaryo (Pendiri Ganara Art dan Yayasan Ganara Mariberbagi Seni), dan Arya Dwari Rahmani (Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan).
Baca juga: Pemimpin.id selenggarakan pengembangan karakter siswa setingkat SLTA
Baca juga: Yayasan Alumni Peduli IPB canangkan program cetak 1.000 pemimpin
Baca juga: UGM bertekad cetak pemimpin Muslim moderat melalui Masjid Mardliyyah


Pewarta: Indriani
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2022