Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 204 personel gabungan dari kepolisian, TNI, dan petugas dari suku dinas terkait diterjunkan untuk mengamankan perayaan Tahun Baru Imlek di Jakarta Selatan pada Selasa, (1/2).
 
Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto mengatakan para petugas tersebut diharapkan lebih optimal dan menjaga perayaan hari raya Imlek besok.
 
"Agar tidak menjadi klaster baru, tentunya dengan menjaga penerapan protokol kesehatan, kita imbau jika memungkinkan bisa dilaksanakan perayaan di rumah saja," kata Budhi di Jakarta, Senin.

Baca juga: 25 narapidana pemeluk Konghucu terima remisi khusus Tahun Baru Imlek
 
Namun demikian, apabila perayaannya dilaksanakan secara offline, Budhi berharap warganya menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna menekan penyebaran COVID-19.
 
Adapun Polres Metro Jakarta Selatan sebelumnya telah menggelar apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan hari Raya Imlek 2573 Tahun 2022 di Kota Jakarta Selatan pada Senin pagi.
 
Kombes Budhi menegaskan bahwa Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan seluruh personel pengamanan, serta diperlukan sinergi antara TNI, Polri dan instansi terkait pada pengamanan Imlek 2573 tahun 2022.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengimbau seluruh elemen masyarakat agar taat menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat merayakan Tahun Baru Imlek karena saat ini terjadi peningkatan kasus COVID-19.
 
Munjirin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (28/1) mengatakan, warga yang merayakan Imlek harus mematuhi kapasitas rumah ibadah guna mencegah penyebaran COVID-19.
 
"Dalam rangka perayaan Imlek, kita semua warga masyarakat yang akan melakukan perayaan, karena kita masih dalam PPKM level 2, semua peraturan sudah jelas di level 2, berapa persen bisa melakukan, kemudian protokol kesehatan, semuanya harus dipatuhi," ujar Munjirin.

Baca juga: Perayaan Imlek di Vihara Bahtera Bhakti Ancol hingga pukul 19.00 WIB
Baca juga: Ridwan Kamil imbau wihara atur pola beribadah untuk cegah kerumunan

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022