Wonosobo (ANTARA) - Beberapa pohon tumbang di wilayah Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mengakibatkan arus lalu lintas di jalan Selomerto-Balikambang macet.

"Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik di wilayah Kecamatan Selomerto," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Bambang Triyono di Wonosobo, Selasa.

Bambang menyampaikan beberapa pohon tumbang juga menimpa jaringan kabel PLN dan telepon sehingga listrik di seputar jalur tersebut padam.

Selain itu beberapa rumah juga tertimpa pohon. Kejadian angin kencang tersebut juga mengakibatkan sejumlah atap rumah terbang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," katanya.

Baca juga: Jalur Kelok 44 Agam Sumbar terputus akibat pohon tumbang

Baca juga: BMKG: Pohon tumbang dan reklame roboh akibat La Lina


Tim dari BPBD, TNI, POLRI, dan relawan dibantu warga setempat berupaya menyingkirkan pohon tumbang agar arus lalu lintas di jalur tersebut normal lagi.

Bambang menyebutkan kejadian pohon tumbang, antara lain terjadi di Jalan Banyumas KM 09 atau atau sebelah selatan Puskesmas Selomerto. Pohon tumbang mengenai kabel telepon.

Di Mertosari, Selomerto atau di sebelah timur Kantor Kecamatan Selomerto, pohon tumbang menghalangi bahu jalan penghubung Selomerto-Balikambang. Hal yang sama juga terjadi di Banaran, Selomerto juga menghalangi Jalan Selomerto-Balikambang.

Kemudian pohon tumbang juga mengenai bengkel dan rumah huni milik Nolafia Anggrawani di Dusun Petir, Desa Wediasin, Kecamatan Selomerto, pohon juga menutup Jalan Selomerto-Balikambang. Pohon tumbang juga menimpa atap rumah Abdurahman Wahid di Jagalan Selomerto.

"Berkat kesigapan tim gabungan, sejumlah pohon tumbang yang menutup akses jalan sudah bisa diatasi dan arus lalu lintas sudah normal kembali," katanya.*

Baca juga: Puluhan pohon tumbang di beberapa titik jalan Kota Bogor

Baca juga: Jalur utama Puncak-Cianjur Jabar terputus akibat pohon tumbang

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022