Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan pasien COVID-19 aktif mengalami kenaikan 10 orang sehingga pasien positif terinfeksi virus corona yang menjalani isolasi atau perawatan menjadi 69 orang.

"Hari ini penambahan 10 kasus terdapat di Belitung 5, Pangkalpinang 4 dan Bangka Barat 1 orang," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan berdasarkan data kasus harian COVID-19 terbaru, dengan adanya penambahan 10 kasus ini maka pasien positif COVID-19 menjadi 69 orang tersebar di Belitung 26, Pangkalpinang 23, Bangka 9, Bangka Tengah 4, Bangka Selatan 3, Belitung Timur 3 dan Bangka Barat 1 orang pasien.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Babel selama Januari 2022 bertambah 108 orang

"Hari ini hanya satu orang pasien sembuh dari COVID-19 di Bangka Tengah, sementara pasien meninggal nihil," ujarnya.

Menurut dia, saat ini 57 dari 69 pasien COVID-19 menjalani isolasi mandiri, 10 pasien dikarantina di isolasi terpusat dan 2 pasien dirawat di rumah sakit rujukan karena memiliki penyakit penyerta.

"Saat ini kita lebih memfokuskan pengawasan pasien isoman ini dan meningkatkan pengawasan menerapkan prokes untuk menekan kasus penularan virus corona ini," katanya.

Baca juga: Lanal Babel fasilitasi vaksinasi dosis tiga warga pesisir Mentok

Ia menyatakan saat ini penambahan kasus lebih didominasi orang yang melakukan perjalanan ke luar daerah yang mengalami peningkatan kasus COVID-19.

"Kami mengimbau masyarakat untuk menahan diri untuk berpergian ke luar daerah khususnya daerah-daerah di Pulau Jawa yang mengalami peningkatan kasus COVID-19 dan virus corona varian omicron, agar tidak tertular virus corona itu," katanya. 

Baca juga: Kasus COVID-19 di Babel bertambah 9 jadi 52.459 orang

Baca juga: Pasien COVID-19 di Babel bertambah jadi 43 orang

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022