Rembang (ANTARA News) - Produk lukisan kanvas di Gerai Padepokan Seni "Gentong Miring" asal Desa Sluke, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah dalam pameran dagang, industri, dan koperasi "Rembang Expo 2011" laris manis diburu pembeli.

"Kami bahkan harus memproduksi sebanyak 20 lukisan lagi, karena sebanyak 21 produk lukisan kanvas yang kami hadirkan pada saat hari pertama pembukaan `Rembang Expo` telah habis pada hari ketiga (15/7). Apalagi, pameran masih berlangsung hingga 20 Juli 2011," kata pelukis sekaligus pemilik Padepokan Seni "Gentong Miring" Abdul Chamim di Rembang, Senin.

Ia mengatakan sebanyak 20 lukisan yang baru diproduksinya itu, sebagian sudah dinanti pembeli, bahkan ada yang nekat berkunjung di padepokannya.

"Ada yang nekat datang ke padepokan, untuk memilih karya seni lukis yang menurut mereka menarik," katanya.

Ia menyebutkan sebagian lukisannya dibuat di atas kanvas dan media pewarnaannya menggunakan cat minyak atau 'oil on canvas".

"Sementara, sebagian lukisan lainnya kami buat di atas kanvas dengan media pewarnaannya campuran atau `mixed media on canvas`," katanya menambahkan.

Chamim mengungkapkan kebanyakan peminat lukisannya menyukai lukisan bertema kritik sosial.

"Peminatnya mulai kalangan kyai, dosen, kepala sekolah, hingga pejabat publik," katanya.

Karyanya yang cukup menonjol bertajuk "Will to Power" yang diminati salah satu pegawai pada Badan Urusan Logistik Kabupaten Rembang dengan nilai Rp4 juta.

"Haji Abdul Hafidz, Wakil Bupati Rembang juga mengapresiasi salah satu lukisan kami bertajuk `Demi Anak Istri` senilai Rp1 juta," katanya menambahkan.

Sebagai seorang pelukis muda, Chamim mengatakan dirinya akan memanfaatkan momentum "Rembang Expo 2011" sebagai ajang untuk mengenalkan karya seninya.

"Kalau ditanya nilai transaksi selama enam hari ini, mencapai puluhan juta. Kami bangga pada apresiasi ini," katanya.

Pameran dagang, industri, dan koperasi "Rembang Expo" digelar sejak 13 Juli hingga 20 Juli 2011 dan diikuti oleh 210 peserta dari berbagai daerah di Kabupaten Rembang, bahkan berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Penyelenggara kegiatan ini, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Rembang, menargetkan peningkatan transaksi sebesar 15 persen atau Rp187,5 juta pada gelaran pameran 2011 ini dari pelaksanaan kegiatan yang sama pada 2010.

(ANT-168)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011