Bojonegoro (ANTARA News) - Tim Universitas Indonesia (UI), selama sepekan ini melakukan "ekskavasi" atau penggalian purbakala tumpukan batu bata kuno di lokasi Situs Kahyangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, jawa Timur (Jatim).

Koordinator Lapangan Ekskavasi UI Rizky Fardhyan, Sarjana Humaniora (S Hum), Rabu, menjelaskan, ekskavasi dilakukan sejak 13 hingga 19 Juli ini, dengan membuka 30 galian seluas 40 X 35 meter. Ekskavasi dengan kedalaman 0,50 meter tersebut, meneruskan lima galian di lokasi setempat yang berisi tumpukan batu bata kuno, yang ditemukan pada tahun 2010.

Berdasarkan lima galian itu, Tim UI yang diketuai dosen UI, DR Ali Akbar yang melakukan pemetaan sebelumnya, memprediksi tumpukan batu bata kuno tersebut, dibawahnya terdapat sebuah bangunan berupa candi kuno.

Selama sepekan, lanjut Rizky, alumnus Fakultas Ilmu Pengantar Budaya Studi Arkeologi UI itu, tim yang melakukan ekskavasi masih belum berani mengambil kesimpulan hasil ekskavasi. Dalam dua hari ini, tim melakukan perekaman arkeologi di 30 galian, yang lebarnya masing-masiong 2,5 X2,5 meter, di sebagian besar galian ditemukan tumpukan batu bata kuno.

"Kami belum bisa menentukan tumpukan batu bata kuno ini, merupakan bangunan rumah, candi atau hanya tumpukan batu bata dari sebuah jalan," katanya menjelaskan.

Alasannya, lanjutnya, selama ekskavasi, belum ditemukan titik tengah atau patokan yang bisa mengambarkan, tumpukan batu bata itu. "Kalau ketemu patokannya, kita bisa menyimpulkan bangunan batu bata kono ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, masing-masing batu bata kuno yang ditemukan tersebut, memiliki panjang 30 centimeter, lebar 15 centimeter dengan ketebalan lima centimeter. Batu bata itu, lebih lebar dibandingkan batu bata di era sekarang ini. Di semua galian tersebut, selain ditemukan batu bata warna merah, juga ditemukan batu bata warna putih yang berasal dari batu gamping.

"Jumlah batu bata putih berkisar 10 persennya," jelasnya.

Dalam penggalian itu, lanjutnya, pihaknya juga menemukan besi yang sudah berkarat dengan panjang 30 centimeter, mirip sebuah tombak di jalan dulu."Untuk memastikan bangunan tumpukan batu bata ini, masih dibutuhkan ekskavasi lanjutan," katanya mengungkapkan.

Tim UI dalam ekskavasi itu, terdiri lima dosen UI yaitu, DR Ali Akbar, DR R Cecep Eka Permana, Dian Sulistyowati, M Hum, Agi Ginanjar S SE, Msi, dan Isman Pratama Nasution, Msi, dibantu 15 mahasiswa jurusan Fakultas Ilmu Pengantar Budaya Studi Arkeologi UI.

"Setelah ini, hasil eskavakasi kami laporkan kepada pemkab," katanya menambahkan.(*)
(T.KR-SAS/F002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011