Tasikmalaya (ANTARA) - Sejumlah warga pegiat ekonomi yang tergabung dalam Relawan Tunas Galunggung menggelar deklarasi menyampaikan dukungan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar maju menjadi Presiden Republik Indonesia karena diyakini mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat.

"Kami generasi muda Indonesia yang tergabung dalam Relawan Tunas Galunggung mendukung sepenuhnya Bapak Ridwan Kamil untuk maju sebagai calon presiden 2024," kata Ketua Relawan Tunas Galunggung Siti Samrotul Puadah saat acara deklarasi dukungan kepada Ridwan Kamil untuk maju menjadi Presiden Indonesia di Kampung Neglasari, Desa Sukamanah, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis.

Ia menuturkan puluhan pegiat pemberdayaan ekonomi di Kabupaten Tasikmalaya yang tergabung dalam Relawan Tunas Galunggung sudah menyatakan diri siap bergerak dan memberikan dukungan kepada Ridwan Kamil untuk menjadi pemimpin bangsa nanti.

"Kami menilai Pak Ridwan Kamil layak maju menjadi calon presiden karena terbukti memiliki program dan visi misi kepemimpinan yang baik," katanya.

Menurut dia, mantan Wali Kota Bandung itu layak menjadi pemimpin Indonesia berikutnya karena memiliki visi dan misi kepemimpinan yang baik, salah satunya mampu menggerakkan perekonomian masyarakat bawah di kalangan pesantren dan kaum milenial.

Baca juga: Relawan Kebangsaan 2024 mendeklarasikan Ridwan Kamil sebagai capres

Ia menyebutkan program yang telah sukses direalisasikan dalam kepemimpinannya saat ini menjadi Gubernur Jawa Barat, yakni program satu pesantren satu produk (OPOP) yang menumbuhkembangkan perekonomian di kalangan pesantren.

"Program satu pesantren satu produk, kini pesantren mampu mandiri secara ekonomi, tidak hanya mencetak guru agama, tapi juga mencetak wirausahawan yang bisa membuka lapangan kerja," kata Siti.

Ia menyampaikan sebelumnya kalangan pesantren seringkali dianggap kurang memberi masa depan yang baik di bidang ekonomi, namun saat kepemimpinan Ridwan Kamil mampu membangkitkan perekonomian di pesantren.

"Di Tasik ini banyak sekali pesantren, dan kami pun banyak yang berlatar belakang santri, jadi kami sangat mengapresiasi program OPOP ini," katanya.

Ia berharap program OPOP bisa dilakukan di seluruh pesantren di Indonesia, sehingga akan semakin banyak santri dan pesantren yang memiliki kemandirian secara ekonomi dengan memiliki produk yang berdaya saing.

Baca juga: Forum Tukang Cukur Asgar mendorong Ridwan Kamil maju Pilpres 2024

Selain memiliki kepedulian terhadap pesantren dan kaum milenial, kata dia, Ridwan Kamil juga memiliki karakter sebagai pemimpin yang mampu mengayomi semua pihak bagi seluruh warga negara Indonesia.

"Kami yakin Pak Ridwan Kamil bisa menyatukan semua lapisan masyarakat dalam bingkai kebhinekaan. Kami ingin tidak ada lagi perselisihan di masyarakat, kami ingin kita semua bersatu untuk membangun Indonesia," katanya.

Ia menambahkan setelah deklarasi itu, semua tim akan bergerak mensosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat terkait sosok Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang memiliki kemampuan menjadi pemimpin Indonesia.

"Kami juga akan sampaikan apa saja keberhasilan Pak Ridwan Kamil selama ini. Baik saat menjadi Wali Kota Bandung, maupun ketika sekarang menjadi gubernur," katanya.

Baca juga: Relawan Kebangsaan 2024 mendeklarasikan Ridwan Kamil sebagai capres

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2022