Jakarta (ANTARA News) - Manajemen pebalap nasional Alexandra "Andra" Asmasoebrata mengakui jika persiapan menghadapi kejuaraan Formula Pilota seri II di Shanghai International Circuit di China pada 22-24 Juli mendatang cukup singkat.

Manager Andra, Alex Asmasoebrata di Jakarta, Kamis mengatakan, untuk seri dua ini latihanya hanya dilakukan selama dua hari. Setelah itu langsung melakukan qualifikasi time trial (QTT) dan langsung menjalani perlombaan.

"Latihan hanya dilakukan hari ini dan besok, Jumat (22/7). Setelah itu disambung QTT dan balapan resmi. Kondisi itu jelas cukup berat. Tapi kami tetap optimistis Andra bisa meraih hasil maksimal," katanya.

Menurut Alex yang juga ayah kandung Andra, Formula Pilota baru pertama kali diikuti oleh Andra sehingga perlu penyesuaian diri terutama pada kendaraan yang betul-betul baru dan sebelumnya belum pernah dicoba. Kendaraan itu merupakan buatan dari FIAT/Ferrari.

Meski persiapan singkat, tim mekanik yang mendampingi Andra selama turun di Formula Pilota telah menyiapkan kendaraan dengan spesifikasi FPT Racing 1.4 Fire Turbo.

"Pada balapan pertama memang banyak kendala. Kendaraan yang digunakan benar-benar beda dengan yang digunakan sebelumnya. Namun, semuanya telah dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi seri II nanti," katanya menambahkan.

Andra pada seri pertama Formula Pilota di Guandong International Circuit, China 1-3 Juli lalu hanya finis diurutan 12. Penyebab dari kegagalan meraih podium karena belum terbiasa menguasai mobil Formula Pilota.

Alex menjelaskan, khusus untuk seri II ini, ia optimistis Andra mampu memberikan hasil yang terbaik. Hal yang mendukung dalam perlombaan ini salah satunya adalah Andra sangat mengenal karakter Shanghai International Circuit.

"Andra sudah sering main disini (Shanghai International Circuit). Yang menjadi kendala saat ini hanyalah kebugaran saja. Saat berangkat ke China, Andra mengaku mengalami batuk dan panas," kata Alex.

Jika Andra yang merupakan pebalap perempuan satu-satunya pada Formula Pilota mampu menjadi yang terbaik selama kejuaraan digelar, maka berhak menjajal kendaraan Formula I milik tim Ferrari. (*)
(T.B016/a032)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011