Masohi, Maluku (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga secara berkelanjutan akan melakukan kegiatan pelatihan jurnalistik kepada para pemuda dengan tujuan agar bisa membuat berita secara benar dan akurat untuk selanjutnya disampaikan kepada masyarakat.

"Jurnalistik saat ini menjadi suatu hal yang sangat penting karena dengan kemampuan menulis dengan benar dan akurat maka para pemuda bisa memberitakan berita kepada khalayak yang lebih luas," kata Kepala Bidang Pendayagunaan Kementerian Pemuda dan Olahraga Candra Bhakti, di Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Kamis.

Hal tersebut disampaikannya usai menutup pelatihan jurnalistik, reportase dan presenter pemuda 2011 yang diikuti 60 pemuda dari unsur pelajar, mahasiswa dan organisasi yang berlangsung 19-21 Juli 2011.

Selama kegiatan tersebut para pemuda antara lain mendapat materi Undang-Undang No 40/2009 tentang Kepemudaan dan Grand Disain Pembangunan Kepemudaan agar para pemuda bisa memahami mengenai perannya dalam pembangunan.

Selain itu para pemuda juga mendapatkan materi mengenai dasar-dasar jurnalistik, teknik membuat berita, teknik membuat tulisan, teknik wawancara serta cara mencari berita.

Menurut dia, pelatihan tersebut merupakan salah satu agenda kementerian dalam upaya memberdayakan keberadaan para pemuda yang ada di berbagai daerah di bidang jurnalistik.

Dikatakannya, kementerian akan menjadikan kegiatan tersebut sebagai agenda rutin yang nanti akan dilakukan di provinsi lain.

"Kita akan secara berkesinambungan melakukan pelatihan jurnalistik kepada pemuda yang ada di berbagai daerah," katanya.

Kegiatan pelatihan serupa sebelumnya sudah dilakukan di Cibubur, Jawa Barat, sekitar bulan Maret 2011 yang diikuti 40-an pemuda dari berbagai provinsi.(*)
(T.A025/H-KWR) 

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011