Belitung, Babel (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan sebanyak 13 warga di daerah itu terkonfirmasi positif COVID-19 pada Sabtu (5/2).

"Berdasarkan data perkembangan kasus harian COVID-19, hari ini sebanyak 13 warga positif," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Sabtu.

Dengan bertambahnya 13 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut, maka jumlah kasus aktif COVID-19 di daerah itu sekarang ini sebanyak 67 kasus.

Sedangkan jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Belitung sejak Maret 2020 tercatat sebanyak 7.875 orang, sembuh 7.575 orang dan meninggal dunia 233 orang.

Baca juga: Satgas: 8 pasien positif Omicron di Belitung sudah sembuh

Baca juga: Satgas: Delapan warga Belitung positif COVID-19 Omicron


"Kasus COVID-19 dilaporkan mengalami peningkatan dalam dua hari terakhir pada Jumat (4/2) sebanyak 18 kasus dan Sabtu (5/2) 13 kasus," ujarnya.

Rata-rata pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut memiliki riwayat perjalanan luar daerah.

Oleh karena itu Dinkes Belitung terus memaksimalkan upaya pelacakan dan penelusuran kasus guna mengantisipasi penyebaran yang semakin meluas.

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak RSUD Marsidi Judono Belitung memeriksa gejala dan sampel PCR pasien guna mengantisipasi penyebaran Omicron," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dan tidak kendur dalam menjalani protokol kesehatan guna mengantisipasi penularan COVID-19

Selain itu, bagi warga yang belum mengikuti vaksinasi COVID-19 agar diharapkan dapat mengikut program vaksinasi.

"Karena saat ini pandemi belum berakhir sehingga masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan," ujar dia.*

Baca juga: Terima APD COVID-19, PMI gencarkan vaksinasi di Bangka Belitung

Baca juga: Tiga pasien sembuh, Kabupaten Belitung nihil kasus aktif COVID-19

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022