Mataram (ANTARA News) - Western Digital Sendirian Berhad membutuhkan 14.000 tenaga kerja wanita asal Nusa Tenggara Barat untuk dipekerjakan di pabrik elektronik.

"Perusahaan elektronik yang berpusat di Malaysia Barat itu umumnya memberikan tawaran sebanyak 14.000 tenaga kerja wanita (TKW), tapi sebenarnya lebih dari itu," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Nusa Tenggara Barat (NTB) H. Mokhlis, di Mataram, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan perusahaan asal Malaysia tersebut dalam hal sosialisasi perekrutan tenaga kerja.

Western Digital Sendirian Berhad (Sdn Bhd) memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi warga Indonesia untuk menjadi tenaga kerja, namun yang diprirotaskan adalah warga NTB, terutama kaum perempuan.

Menurut Mokhlis, perusahaan yang bergerak di bidang produksi alat elektronik tertarik merekrut TKW NTB karena menilai kaum perempuan NTB memiliki karakter dan kelembutan dalam melakukan pekerjaan.

"Yang dicari minimal tamatan SMP atau sederajat. Nanti perusahaan ini yang akan memberikan pelatihan sebelum pemberangkatan. Biaya juga ditanggung perusahaan. Biasanya setelah bekerja baru dipotong," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya bersama sejumlah utusan Western Digita Sdn Bhd telah melakukan sosialisasi ke sejumlah kabupaten/kota di NTB, untuk memberikan informasi mengenai peluang kerja tersebut.

Oleh sebab itu, Mokhlis mengharapkan agar masyarakat segera mendaftarkan diri melalui Disnakertrans Kabupaten/kota dengan membawa persyaratan yang sudah ditentukan.

"Syarat untuk bisa menjadi tenaga kerja di perusahaan itu minimal berijazah SMP atau sederajat, usia 18-30 tahun, ada izin dari orang tua atau suami," katanya.

Dengan adanya peluang kerja di sektor formal tersebut, kata dia, bisa membantu pemerintah Indonesia, khususnya NTB dalam menekan angka pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) untuk sektor informal.

Pemerintah Provinsi NTB berkomitmen untuk mengurangi TKI di sektor informal karena sebagian besar TKI yang bermasalah bekerja di sektor informal.(*)

(T.KR-WLD/S006)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011