Jakarta, 24/7 (ANTARA) - Sebagai awal pelaksanaan  yacht rally, hari ini (23/7) di Darwin Australia, Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gellwynn Jusuf  melakukan  flag off.  Peserta yatch tersebut selanjutnya akan berkeliling ke 21 kabupaten di Indonesia mulai dari Kupang atau Saumlaki dan keluar di Belitung atau Batam. "kegiatan ini diikuti sebanyak 111 peserta dari 18 negara, meningkat dibandingkan pelaksanaan serupa tahun 2010 yang diikuti 107 peserta", ucap Gellwynn saat melepas peserta yacht mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan.

     Peserta  yacht rally  usai dilepas di Australa akan terbagi kedalam dua tim, yaitu kearah timur yang akan tiba di Saumlaki pada tanggal 26-30 Juli 2011, kemudian perjalanan berlanjut ke Ambon, Buru, Wakatobi, Bau-Bau dan Makasar. Sementara tim yang kearah barat akan tiba di Kupang pada tanggal 27-31 Juli 2011, kemudian perjalanan berlanjut ke Alor, Lembata, Ende dan Alung. Kedua tim selanjutnya akan bertemu kembali di Labuan Bajo pada tanggal 31 Agustus-5 September untuk bersama-sama melanjutkan perjalanan ke Lombok
Utara, Bali, Karimun Jawa, Kumal dan Belitung pada tanggal 5-12 Oktober 2011 sebelum berakhir di Singapura.

     Pelaksanaan Sail Wakatobi-Belitong (SWB) 2011 sendiri akan dipusatkan di dua lokasi, yaitu Wakatobi Propinsi Sultra dan Belitung Propinsi Kepulauan Babel  memiliki empat tujuan.   Pertama, menggalang keterpaduan dalam pemanfaatan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kedua, menjadikan Wakatobi dan Belitung sebagai destinasi wisata nasional dan internasional. Ketiga, menciptakan  the best sailing passage. Keempat, menjadikan potensi KP Sulawesi Tenggara dan Bangka Belitung sebagai sumber penghidupan rakyat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan.

     Pelaksanaan sail kali ini mengangkat tema "clean ocean for the future" dengan 6 (enam) kegiatan utama, yaitu:  yacht rally, operasi Bhakti Surya Baskara Jaya, seminar Nasional dan Internasional, lintas nusantara remaja dan pemuda bahari, dan pameran UKM dan produk perikanan. Sementara itu, puncak acara sendiri dilaksanakan di 2 (dua) tempat, yaitu di Pantai Sombu  Wakatobi pada tanggal 23-29 Agustus 2011 dan pada tanggal 5-12 Oktober 2011 di Pantai Tanjung Kelayang Belitung yang rencananya kedua acara akan dihadiri oleh Presiden RI. Disamping menggelar beberapa kegiatan utama, sail kali ini juga akan menggelar beberapa kegiatan pendukung, seperti peresmian sekolah tinggi kelautan di Wakatobi, pernikahan masal bawah air, lomba catur bawah air, kejurnas selam, kejurnas layar, festival olahraga tradisional, bersih pantai dan laut, serta festival seni dan budaya tradisional.

     Kegiatan SWB merupakan kelanjutan dari kegiatan Sail Indonesia yang telah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya. Nama Sail Indonesia mulai diubah sejak tahun 2009, sejalan penyelenggaraan World Ocean Conference (WOC) di Manado Sulawesi Utara. Kegiatan mulai dikemas sesuai dengan  trademark setiap daerah penyelenggara, dimulai Sail Bunaken pada tahun 2009 yang dipusatkan di Manado dan Bitung Sulawesi Utara, dan Sail Banda pada tahun 2010 di Ambon Maluku.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Dr. Yulistyo Mudho, M.Sc,Kepala Pusat Data, Statistik dan Informasi,Kementerian Kelautan dan Perikanan (HP.0811836967)

Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2011