Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia jatuh pada awal perdagangan Senin, ketika Australia and New Zealand Banking Group (ANZ) merosot 5,0 persen hingga menyentuh level terendah hampir satu tahun setelah mengisyaratkan penurunan margin dan juga menyeret saham pemberi pinjaman kelas berat lainnya.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia melemah 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 7.092,5 poin pada pukul 11.37 GMT. Indeks acuan ditutup 0,6 persen lebih tinggi pada Jumat (4/2/2022).

Ekuitas bank turun 1,3 persen dalam sesi intraday terburuk mereka sejak 27 Januari, dengan ANZ merosot setelah pemberi pinjaman bergabung dengan Westpac menyatakan terpukulnya margin karena persaingan ketat dalam pinjaman hipotek dan pengaturan kebijakan yang ultra longgar.

Pemberi pinjaman lain di antara "Empat Besar" turun antara 0,9 persen dan 1,6 persen.

Operator kasino Star Entertainment terkikis 0,9 persen setelah memperkirakan kerugian pada semester pertama dan mengatakan perlu memulihkan karyawan yang telah dibayar lebih rendah selama enam tahun.


Baca juga: Saham Australia ditutup naik, raih minggu terbaik sejak akhir Desember


Saham perawatan kesehatan mundur 1,1 persen, dipimpin oleh perusahaan biotek utama CSL Ltd yang jatuh 1,2 persen. Sonic Healthcare dan Cochlear masing-masing turun sekitar 0,8 persen.

Sebaliknya, Graincorp melambung 12,9 persen setelah perusahaan agribisnis itu memperkirakan sedikitnya 70 persen pertumbuhan laba setahun penuh, didorong oleh permintaan global untuk biji-bijian dan minyak sayur Australia.

James Hardie, pembuat semen fiber terbesar di dunia, melonjak 5,0 persen setelah menaikkan prospek laba tahunan untuk keempat kalinya, dan menetapkan perkiraan yang lebih tinggi untuk tahun depan.

Saham energi terangkat 1,0 persen karena harga minyak mentah mencapai tertinggi tujuh tahun pada Jumat (4/2/2022) malam di tengah kekhawatiran tentang gangguan pasokan yang dipicu oleh cuaca dingin AS dan gejolak politik yang sedang berlangsung di antara produsen utama dunia.

Baca juga: Saham Australia menguat, bersiap naik mingguan terbesar sejak Desember

Woodside Petroleum menguat 1,3 persen pada Senin pagi, sementara Santos dan Ampol masing-masing naik 0,5 persen dan 1,2 persen.

Saham sektor teknologi juga tetap kuat dan naik 1,2 persen, mengikuti penutupan yang kuat di Nasdaq akhir pekan lalu.

Saham Block Inc yang tercatat di Australia melonjak 3,6 persen, sementara saham teknologi lokal ternama Xero dan WiseTech Global masing-masing bertambah 1,5 persen dan 2,1 persen.

Pasar di Selandia Baru ditutup untuk hari libur.

Baca juga: Saham Australia berakhir melemah, indeks ASX 200 tergerus 0,14 persen
Baca juga: Saham Australia tergelincir terseret sektor teknologi

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022